Rahasia ! Travel Haji Dan Umroh Hasilkan Omset 500 Juta

Umroh atau ada yang menyebutnya dengan umrah, merupakan salah satu ibadah umat islam. Umroh ini hampir menyerupai dengan haji, hingga ada yang menyebut umroh sebagai haji kecil. Usaha travel haji dan umroh di Indonesia kian berkembang seiring meningkatnya impian masyarakat untuk menunaikan ibadah haji dan umroh.

Salah satu pelaku perjuangan travel haji dan umroh yang terbilang sukses ialah Noviana, pemilik PT. Asanloka Riapindo Go Tour (Gotur). Awalnya Noviana memulai bisnis ticketing di tahun 2004. Lama berkecimpung di bisnis tiket menciptakan Anna, sapaan bersahabat Noviana, menyebarkan usahanya menjadi tour and travel di tahun 2008.
Naik haji
Pangsa pasar dari perjuangan tour and travel Anna ialah umat muslim, sehingga ia lebih fokus pada wisata religi islami. Kemudian berkembang lagi dengan membuka layanan perjalanan ibadah umroh. Dan di tahun 2012, Anna membuka paket travel haji plus.

Modal awal travel haji dan umroh Gotur

Di awal usaha, Anna menggelontorkan sekitar Rp. 40 juta untuk modal perjuangan ticketing yang hasilnya berubah menjadi biro perjalanan wisata islami tersebut. Modal itu ia gunakan untuk sewa kantor di Jalan Wahid Hasyim- Jakarta Pusat, membeli sistem dan biaya operasional.

Tak butuh waktu usang untuk bisa balik modal dari perjuangan yang ia tekuni tersebut. Hanya sekitar 4 bulan, modal perjuangan yang digelontorkan Anna pun sudah mengalami balik modal.

Syarat mendirikan usaha

Baik perjuangan ticketing atau tour and travel, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para pelaku usaha. Dimulai dari mempunyai tubuh hukum, kantor, SIUP, NPWP, TDP, Izin BPW (Biro Perjalanan Wisata) dari Departemen Pariwisata, hingga menjadi anggota ASITA (Association The Indonesia Tour and Travel Agencies) dan IATA (International Air Transportasion Association).

Untuk bisa menjalin kerjasama pribadi dengan PT KAI dan maskapai penerbangan dalam menjadi distributor tiket, usahanya harus diaudit dahulu oleh mereka. Anna memerlukan waktu sekitar 6 bulan untuk memenuhi semua persyaratan yang diharapkan dalam menjalin kerjasama ini.

Prospek perjuangan travel haji dan umroh

Seperti diketahui, waktu tunggu yang diharapkan untuk pemberangkatan haji reguler sangatlah lama, bisa mencapai 15 tahun! Kaprikornus misal tahun 2016 daftar haji, maka berangkat hajinya besok pada tahun 2031. Hal ini menciptakan biro perjalan haji dan umroh mulai dicari calon jamaah haji/umroh, terlebih yang mempunyai paket haji plus dan umroh plus.

Selain itu, adanya tren wisata di kalangan anak muda yang berkembang dari wisata umum menjadi wisata religi, menciptakan perjuangan ini terus mempunyai peluang yang bagus.

Layanan perjanalan

Gotur mengatakan 2 paket perjalanan, yaitu paket perjalanan ibadah dan paket wisata religi internasional maupun domestik. Paket perjalanan ibadah mencakup haji plus dan umroh plus. Gotur sudah berhubungan dengan pihak Kemenag RI mengenai paket perjalanan ibadah haji plus, yaitu dengan ekstra ordinary kuota (haji eksekutif).

Dengan mempercayakan perjalanan haji plus kepada Gotur, jamaah tak perlu antri bertahun-tahun untuk menunaikan ibadah haji. Tahun ini daftar, tahun ini pula jamaah sanggup menunaikan ibadah haji.

Dengan keunggulan tersebut, biaya haji plus ini pun menjadi mahal, yaitu $13.000 atau sekitar Rp. 170 juta. Namun hal ini sebanding dengan nilai ibadah yang didapat jamaah.

Untuk paket ibadah umroh plus, jamaah sanggup menentukan paket umroh reguler selama 9 hari atau paket umroh plus 12 hari. Baik jamaah perempuan maupun pria, akan mendapat perlengkapan umroh masing-masing.

Dalam paket umroh 9 hari, jamaah hanya bisa mengunjungi 3 kota, yaitu Mekah, Madinah dan Jeddah. Sedangkan paket umroh plus 12 hari, rinciannya ialah 9 hari ibadah umroh dan 3 hari selanjutnya untuk tour wisata islam. Tujuan tour wisata islam yang bisa dipilih ialah Eropa, Istanbul (Turki), Kairo (Mesir), Dubai, Aqsa atau Maroko (Spanyol).

Untuk kegiatan umroh, baik yang reguler maupun umroh plus, selalu ada di setiap bulan sepanjang tahun, kecuali bulan haji. Sedangkan untuk biaya atau ongkos umroh, ditawarkan mulai dari $1.650 atau sektiar Rp. 21 juta, menyesuaikan dengan kurs dollar pada ketika pembayaran.

Dengan harga paket umroh murah yang ditawarkan serta banyak sekali keunggulan dan fasilitas yang didapat, bisa dibilang Gotur merupakan salah satu travel umroh terbaik dan manis yang layak anda coba.

Kemudian paket layanan yang terakhir yaitu wisata religi internasional. Paket ini mengajak pelanggan untuk melaksanakan perjalanan ke negara-negara yang erat hubungannya dengan penyebaran agama islam di masa lampau. Selain Turki, negara non muslim menyerupai Korsel, China, Jepang, Amerika dan Afrika juga menjadi destinasi wisatanya.

Untuk tujuan negara non muslim tersebut, para pelanggan akan melihat secara pribadi perkembangan islam di negara-negara dengan lebih banyak didominasi non muslim selama 4 hingga 5 hari. Harga tour umroh wisata religi yang ditawarkan mulai $2.300 hingga Rp. $5.000 atau sekitar Rp. 30 juta hingga Rp. 65 juta.

Berapapun jumlah jamaah yang mendaftar di Gotur, akan tetap diberangkatkan sesuai kegiatan yang sudah disepakati. Pelayanan maksimal tanpa delay atau pending kegiatan inilah yang menciptakan Gotur menjadi pilihan para pelanggan.

Strategi pemasaran travel haji dan umroh Gotur

Teknik marketing yang dijalankan Anna cukup simpel, yaitu dengan mengatakan isu serta membangun dogma pada orang-orang terdekat terlebih dulu, mulai dari keluarga, sahabat dan teman. Kemudian bertahap mulai meluas ke bulat yang lebih besar.

Gotur juga mempunyai website yang sangat mempunyai kegunaan bagi promosi secara online. Selain itu, ia juga melaksanakan banyak sekali penemuan pelayanan yang bisa menciptakan konsumen biar tetap loyal. Gotur mempunyai kantor perwakilan yang ketika ini berada di Ternate dan Yogyakarta.

Dari taktik pemasaran yang diterapkan inilah Gotur sanggup memberangkatkan sekitar 100 jamaah umroh tiap bulannya dan 30 orang untuk perjalanan wisata islami pada tiap semester. Berdasarkan biaya dan jumlah jamaah di atas, Gotur mendapat omset rata-rata sekitar Rp. 500 juta perbulannya dengan laba atau profit sekitar 15%.

Anna mempunyai 15 orang karyawan untuk menjalankan perjuangan ini. Sepuluh orang karyawan ada di Indonesia. Mereka bertugas mengurus administrasi dan pemasaran. Lima orang karyawan lain berada di Arab Saudi yang mengurusi fasilitas dan operasional para jamaah umroh.

Demikianlah isu tour umroh, haji plus serta wisata religi islam yang sanggup saya sajikan. Semoga artikel travel haji dan umroh ini bermanfaat serta menginspirasi anda :)

0 Response to "Rahasia ! Travel Haji Dan Umroh Hasilkan Omset 500 Juta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel