Rahasia ! Ternak Ayam Serama Raup Untung Jutaan Rupiah

Ternak ayam serama - Ayam serama ialah salah satu jenis ayam hias yang mempunyai postur badan pendek, kecil, dan dadanya menggembung. Ayam disebut sebagai ayam kate terkecil di dunia (The Smallest Bantam Chicken). Bentuk ayam serama hampir menyerupai dengan ayam kate. Perbedaannya terletak pada ukurannya yang lebih kecil dan dadanya yang menggembung.

Ayam serama sampaumur ukurannya hanya sekitar sekepalan tangan orang dewasa. Tinggi ayam serama pun hanya sekitar sejengkal jari tangan orang dewasa. Ayam serama jantan hanya mempunyai bobot sekitar 350 gr, sedangkan yang betina sekitar 300 gr.
Ayam serama / gambar via en.wikipedia.org
Ternak ayam serama menjadi perjuangan yang menguntungkan di kawasan Palu, Sulawesi Tengah. Hal itu alasannya jumlah peternaknya yang memang masih sedikit. Untuk beternak ayam serama juga tidak membutuhkan modal besar, namun laba yang didapat cukup menggiurkan.

Awal mula perjuangan ternak ayam serama

Salah satu pelaku perjuangan ternak ayam serama ialah Cabu (45 tahun). Berawal dari hobi, sekarang ia telah sukses mengembangbiakkan ayam serama yang ia jadikan sebagai usaha sampingan di rumah.

Menurut Cabu, perjuangan ternak ayam serama ini cukup menguntungkan. Dengan hanya memelihara ayam serama selama kurang lebih 6 bulan, sanggup dipastikan ia memperolah laba jutaan rupiah dalam sekali jual.

Ayam serama dijual mulai harga Rp. 250 ribu sampai jutaan rupiah per ekor. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga ayam serama ialah kualitas bulunya. Jika bulunya berwarna manis dan ekornya sanggup bangun tegak, harganya sudah dipastikan mahal. Meskipun masih kecil, masih dalam proses ternak, ayam serama sudah sanggup mulai dipesan.

Bagi pecinta ayam, ayam serama mempunyai daya tarik tersendiri. Salah satunya alasannya keunikan penampilan ayam ini. Penampilan ayam serama disebut bagaikan model yang berjalan di catwalk. Ditambah lagi dikala berjalan sambil berkokok dengan dada yang menggembung, menciptakan ayam serama nampak menyerupai binaraga.

Perawatan ayam serama tergolong mudah. Seperti jenis ayam lainnya, setiap hari ayam serama juga harus diberi makan, vitamin, dimandikan sampai dijemur.

Selain di Indonesia, keberadaan ayam serama juga populer di beberapa negara tetangga, menyerupai Malaysia dan Thailand. Oia, ayam serama ini aslinya berasal dari Malaysia loh.

Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai ternak ayam serama. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

0 Response to "Rahasia ! Ternak Ayam Serama Raup Untung Jutaan Rupiah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel