Rahasia ! Dongeng Sukses Bisnis Kemeja Flanel Motif Kotak

Meski banyak tren fashion yang berkembang di kalangan anak muda, namun tak menciptakan produk fashion yang telah usang ada ibarat kemeja kotak-kotak kehilangan peminat, apalagi sesudah dikembangkan menjadi kemeja flanel motif kotak.

Prospek cerah wacana perkembangan kemeja flanel motif kotak ini dimanfaatkan dengan baik oleh Satria Dinata, pemilik Brainsto Apparel. Dulunya Satria hanyalah seorang reseller kaos polos, namun sekarang ia mulai memproduksi sendiri aneka macam produk pakaian. Berikut ini cerita usahanya.
Kemeja flanel Brainsto Apparel / gambar via brainstoapparel.blogspot.co.id

Awal mula perjuangan kemeja flanel motif kotak

Diawali dari hobinya membeli aneka pakaian distro, menciptakan Satria terinspirasi untuk membuka perjuangan pakaian sendiri. Kala itu beliau melihat brand kaos luar yang memang berkualitas, namun berharga mahal. Sedangkan brand dalam negeri harganya memang murah, tapi kualitasnya kurang.

Dari fenomena tersebut, ia jadi terinspirasi untuk menciptakan produk sendiri dengan harga terjangkau, namun kualitasnya tak kalah dengan brand luar.

Saat memulai usaha, Satria tidak mempunyai modal. Ia menyiasatinya dengan menjadi reseller (agen) kaos polos pada tahun 2011. Mengetahui respon pembeli yang begitu manis kala itu, Satria pun terus mencari produk-produk terbaru yang sedang menjadi tren di pasaran.

Perkembangan perjuangan Satria pun meningkat. Tak mau kehilangan peluang manis ini, Satria segera mengembangkan usahanya dengan memproduksi sendiri usahanya di bawah brand Brainsto Apparel. Karena dikala itu modalnya masih terbatas, Satria menggandeng jasa maklon sebagai kawan usaha, dengan model pakaian tetap dari Satria.

Modal awal yang dikeluarkan Satria untuk memproduksi sendiri produk usahanya yaitu sebesar Rp. 3 juta. Modal tersebut ia gunakan untuk membeli kain dan menciptakan merk. Dari situ Satria mulai berkreasi dengan menciptakan aneka macam rujukan produk pakaiannya, mulai dari kemeja denim kombinasi flanel, kemeja flanel motif kotak, kemeja motif rusa, kaos wangki, kaos polos, celana denim, jogger pant, hingg menyebarkan model topi.

Karena produk pakaian yang ia keluarkan selalu mendapat respon baik dari para konsmen, tak ayal bila hanya dalam waktu 2 bulan, modal Satria sudah balik. Karena Satria lebih berfikir untuk jangka panjang, ia tak lantas mengambil laba dari hasil jualan tersebut, melainkan ia putarkan lagi untuk memperbesar perjuangan clothing yang ia jalankan itu.

Ragam model produk

Dari sekian banyak produk pakaian yang diproduksi Satria, yang termasuk laris keras di pasaran yaitu kemeja flanel motif kotak bergaris dan kaos full cotton dengan model long sleeve (lengan panjang, snapback).

Model kemeja flanel motif kotak dari Satria bahu-membahu tidak jauh berbeda dengan kemeja-kemeja pada umumnya. Hanya saja model yang diproduksi Satria ini lebih simpel, dengan adanya 1 kantong di depan sebelah kiri dan model jahitannya yang sederhana.

Hal lain, yang menciptakan kemeja flanel motif kotak produksi Satria disukai para dewasa yaitu aksen motif kotak bergaris dan warna yang tidak terlalu mencolok.

Kaos cotton model long sleeve juga banyak digandrungi konsumen Satria. Hal ini sebab desainnya yang mudah dengan materi cotton berkualitas bagus, sehingga tidak menjadikan rasa panas ketika dipakai. Selain itu, kesan soft yang dihasilkan dari desain gambar sablonnya yang tak terlalu ramai menjadi alasan perhiasan para konsumen menentukan produk dari Brainsto Apparel ini.

Harga produk

Kemeja flanel motif garis lengan panjang ditawarkan Rp. 250 rb/pcs, kemaja flanel motif garis pendek Rp. 190 rb/pcs, kemeja non flanel lengan panjang Rp. 230 rb, kemeja non flanel lengan pendek Rp. 260 rb, kaos lengan panjang Rp. 150 rb, lengan pendek Rp. 130 rb dan kaos berkerah Rp. 140 rb.

Dalam sebulan, Satria bisa memproduksi sampai 100-120 produk pakaian. Dengan jumlah produksi sebanyak itu, Satria bisa mengantongi omset sebesar Rp. 40 juta. Keuntungan higienis yang didapat Satria yaitu sekitar Rp. 18 juta (45% dari omset).

Satria mendapat materi baku untuk produk distronya dari pusat-pusat penjualan materi baku, antara lain : tanah kakak - Jakarta Pusat dan Cipadu - Tangerang Selatan.

Pemasaran

Media sosial ibarat facebook dan twitter merupakan media pemasaran yang diandalkan Satria. Hal ini sebab pangsa pasar produk Brainsto Apparel yaitu para anak muda. Selian itu Satria juga memasarkan produknya dengan mengikuti aneka macam pekan raya fashion, seperti Pameran Jakcloth yang gres saja digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Satria juga membuka sistem kerjasama keagenan (reseller). Hanya dengan membeli 5 produknya, para biro sudah bisa mendapat serpihan harga sebesar 15%. Jika kawan atau biro tersebut membeli lebih banyak lagi, maka diskon yang didapat bisa lebih besar, yaitu 25%.
Info lebih lanjut sanggup menghubungi :

Satria Dinata (Brainsto Apparel)
Komp. Pinang Griya Permai, Jl. Anggrek Raya, Blok F1265 M27
RT 14 RW 06 Tangerang, Banten
Telp. 085714137392
IG : @brainstoapparel
FB : Brainsto Apparel
Demikianlah cerita sukses dan inspiratif dari Satria Dinata dengan produk distronya yang fenomenal, kemeja flanel motif kotak dan kaos full cotton model long sleeve. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)
Referensi : Tabloid Peluang Usaha Edisi 08 Th XI April 2016

0 Response to "Rahasia ! Dongeng Sukses Bisnis Kemeja Flanel Motif Kotak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel