Rahasia ! Rumah Voila, Produksi 1.000 Kebaya Batik Anak Per Bulan

Batik anak Rumah Voila - Busana batik ketika ini mulai naik daun kembali. Produk budaya fashion orisinil Indonesia ini tak hanya cocok digunakan di program formal, namun juga pantas digunakan di program non formal. Namun seringkali busana batik dikaitkan dengan orang tua, dimana ada anggapan bahwa hanya orang renta saja yang cocok mengenakan busana batik. Apakah benar begitu?

Dengan aneka macam kreasi, Irmajanti Fitria bisa menampilkan busana batik yang lucu menggemaskan dan cocok digunakan untuk balita hingga anak-anak. Desain yang selalu up to date khas anak-anak, membuat produk batiknya diminati banyak konsumen, bahkan sudah masuk ke beberapa department store di Jakarta. Seperti apa cerita usahanya?
Batik anak wanita Rumah Voila / gambar via rumah voila
Peminat batik yang sangat beragam, mulai dari karyawan, anak sekolah, hingga orang tua, membuat bisnis ini tahan terhadap krisis. Selain itu, busana batik sekarang juga tampil lebih bermacam-macam dan variatif dengan adanya batik untuk bawah umur yang tampil dengan gaya casual dan modern, sehingga tak mengatakan kesan jadul.

Salah satu pebisnis yang membuat model batik anak semakin trendi dan diminati banyak konsumen yakni Irmajanti Fitria. Ia mulai merintis bisnis tersebut semenjak tahun 2012 dengan merk Rumah Voila.

Awal mula perjuangan batik anak Rumah Voila

Berdirinya Rumah Voila bermula dari kejenuiah Irma melihat model pakaian bawah umur di pasaran yang sangat monoton. Akhirnya dengan keahlian menjahit yang seadanya, ia mengembangkan pakaian untuk anak perempuannya berupa kebaya batik ondel betawi. Hasil perdana batik anak Irma pun disukai teman-temannya. Dari sinilah Irma mulai kebanjiran order batik anak kreatif.

Modal perjuangan batik anak

Modal awal untuk mendirikan perjuangan batik anak Irma ini yakni Rp. 10 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli materi baku, mesin jahit dan mesin obras. Semua model pakaian batik anak ia desain sendiri. Keterampilan mendesain pakaian diperolehnya secara otodidak. Mungkin talenta ini ia dapatkan karena orang renta Irma juga suka jahit menjahit dan membuat kerajinan.

Selama perjalanan usahanya ini, diakui Irma belum pernah mengalami kerugian. Meski ada saat-saat penjualan mengalami sepi, tetapi menuju ke arah yang baik dari semenjak awal usaha. Dengan mengikuti kemauan pasar, kreatif membuat model-model baru, turun eksklusif ke lokasi pemasaran, diakui Irma bisa lebih memahami model pakaian batik yang diminati pasar, sehingga bisnisnya tetap bisa eksis.

Persaingan usaha

Persaingan dalam bisnis ini memang sangat ketat, terutama pelaku perjuangan garmen. Terlebih ia tinggal di Jakarta yang merupakan salah satu kota fashion di Indonesia. Karenanya Irma harus pintar-pintar dalam membuat taktik pemasaran serta harus kreatif dalam membuat model-model baru. Sebagai catatan, Irma selalu memperbarui desain produknya sekali dalam satu bulan.

Macam batik anak Rumah Voila

Jenis-jenis batik yang ditawarkan Rumah Voila sangat variatif. Harga jualnya mulai dari Rp. 100rb - Rp. 500rb per pcs. Ragam kreasi fashion anaknya antara lain : kebaya, gamis, dress, baju koko, dress party, rok, sarung instan hingga mukena.

Produk batik anak yang dibentuk Rumah Voila lebih menyasar segmen pasar kelas menengah atas khusus untuk bawah umur usia 1 hingga 10 tahun. Ciri khas produk batik Irma yakni kebaya anak yang memakai warna-warna kalem dan cerah dengan motif bunga-bunga.

Bahan baku batik yang diproduksi Irma yakni kain katun 100%, dengan proses batik memakai batik cap yang dikerjakan eksklusif oleh tangan-tangan pengrajin yang terampil, terlatih dan kreatif. Bahan kain batik dan tenun ia dapatkan dari aneka macam kawasan mulai dari Pekalongan, Yogyakarta, Kalimantan, Semarang, Cirebon, Solo dan Bali.

Selain itu, Rumah Voila juga membuat kombinasi materi baku berupa batik dan tenun. Ada beberapa produk kreasi Rumah Voila yang modelnya mengikuti perkembangan pasar. Misalnya model dress dengan aksara Elsa Frozen, Anna Frozen hingga Cinderella.

Rumah Voila juga selalu menghadirkan produk-produk gres di momen-momen tertentu contohnya hari raya lebaran. Penjualan di momen-momen tertentu itu dapa meningkatkan penjualan hingga 100% dibandingkan hari-hari biasa. Ide membuat desain banyak Irma dapatkan dari survei di mall, internet, majalah fashion atau imajinasi sendiri.

Strategi produksi

Dalam mendesain pakaian, Irma tidak pernah asal-asalan. Sebelum dipasarkan, Irma terlebih dulu melaksanakan uji coba sample produk dengan mencoba mengenakan pakaian tersebut pada anak-anaknya, sehingga Irma bisa tahu betul suatu produk sudah layak dan nyamankah ketika digunakan anak?

Masuk Department Store

Produk batik anak Rumah Voila yang bangun semenjak tahun 2012 bisa bersaing dan merebut pasar. Hal ini dibuktikan dengan suksesnya Rumah Voila masuk ke aneka macam Department Store. Diantaranya : Cenrto Department Store, Margo City Depok, Bintaro x-Change, Sarinah Dept. Store Thamrin Jakarta, Parkson Dept. Store Lippo St. Moritz Purin Indah, Lotte Shopping aveneu dan Aeon Dept. Store BSD City.

Selain melalui department store, media online, Irma juga memperlihatkan peluang menjadi reseller atau biro dengan syarat pembelian minimal Rp. 1,5 juta dengan diskon harga mencapai 30%. Hingga ketika ini reseller Rumah Voila tersebar di aneka macam kawasan mulai dari Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, Solo, Bekasi, Tangerang, Jogja, Malang dan Surabaya.

Melalui aneka macam taktik pemasaran tersebut, Irma bisa mengantongi omset rata-rata Rp. 100 juta perbulannya dengan laba 25%. Hitungan ini belum ditambah melonjaknya penjualan di hari-hari tertentu menyerupai lebaran.

Kendala perjuangan batik anak Rumah Voila

Kendala perjuangan yang selama ini dialami Irma yakni banyaknya karyawan yang keluar dari Rumah Voila. Kebanyakan karyawan yang keluar tergiur ingin bekerja di perusahaan garmen sebab gajinya yang lebih besar. Agar hambatan menyerupai ini tidak berkelanjutan, Irma melaksanakan pendekatan personal, kekeluargaan dan loyalitas.

Info lebih lanjut perihal Rumah Voila


Beranda Nusantara, Mall Kota Kasablanka Lt. LG Jl. Casablanca Raya Kav. 88 Jakarta Selatan.
IG : Rumah_Voila
Telp : 08129376324

Demikianlah cerita sukses perjuangan batik anak produksi Rumah Voila. Semoga menginspirasi dan bermanfaat :)
Referensi Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015

0 Response to "Rahasia ! Rumah Voila, Produksi 1.000 Kebaya Batik Anak Per Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel