Rahasia ! Hearty Foodie, Kudapan Sehat Dari Buah Asli

Kisah sukses hearty foodie - Memiliki kegemaran yang sama di bidang kuliner sehat, menciptakan tiga sahabat, Niki Tsuraya Yaumi, Ade Permata Surya dan Nur Sofia Wardani Yahya (Opi) merancang produk kudapan sehat yang mempunyai nilai jual tinggi. Ide tersebut muncul tak sengaja ketika tiga sahabat ini melihat peluang masakan sehat di kota-kota besar Indonesia.

Ketiganya mempunyai background pendidikan yang memang tak jauh dari kuliner. Misalnya Ade Permata Surya yang merupakan lulusan ilmu gizi di UI. Kemudian Nur Sofia Wardani Yahya ialah lulusan Teknologi Pangan dari IPB, dan Niki Tsuraya Yaumi merupakan lulusan Master IT & Innovation Management dari Warwick, Inggris.
Snack sehat, Mister Timber / gambar via twitter Mister Timber
Ketiga sahabat ini mengimplementasikan ilmu yang mereka peroleh dari kursi kuliah tersebut terhadap aneka macam varian produk kudapan sehatnya yang diberi nama Hearty Foodie. Misalnya Niki Tsuraya Yaumi mengatakan ide-ide kudapan sehat yang ia temukan dikala kuliah di Inggris. Kemudian dari ide-ide tersebut, akan diinovasikan oleh Nur Sofia WY semoga sesuai dengan kondisi Indonesia. Sedangkan Ade Permata S mengatur kandungan gizi dari kudapan yang diproduksi.

Modal awal hearty foodie

Dengan modal tak lebih dari Rp. 5 juta, ketiga sahabat ini mencoba menyebarkan produk dalam jumlah banyak. Kemudian untuk menjaga kualitas, mereka mengemasnya dengan packaging yang menarik dari aluminium foil. Sebelumnya, mereka hanya mengemas produk dengan plastik biasa.

Varian produk hearty foodie

Ada dua jenis produk yang ditawarkan hearty foodie. Kedua produk yang ditawarkan ini cukup unik dan masih jarang ditemukan di Indonesia. Yang pertama ialah Mister Timber. Produk berjenis kudapan cracker ini dibentuk dari perpaduan oat dan almond serta beberapa tambahan rasa buah. Jika produk cracker pada umumnya berbentuk biskuit, hearty foodie menginovasinya dengan bentuk stick.

Mister Timber mempunyai empat varian rasa, yaitu Chocholate, cheese, raisin strawberry dan raisin banana. Mister Timber memakai gula rendah kalori yang kaya akan serat. Hal ini menciptakan Mister Timber sangat cocok untuk kudapan sehat, serta kudapan diet dengan kalori yang terkontrol.

Dari keempat rasa Mister Timber, dibagi menjadi dua varian. Yang pertama fruits varians, dimana raisin strawberry dan raisin banana masuk ke dalam varian ini. Kemudian fun varians yang didalamnya ada rasa chocholate dan cheese.

Fruit varians dijual dengan harga Rp. 17.500 per bungkus 50 gram dan fun varians Rp. 23.500 per 50 gram. Beda dari kedua varian tersebut ialah rasa dan pangsa pasarnya. Untuk fruits varians lebih banyak disukai belum dewasa alasannya ialah ada rasa buahnya. Sedangkan fun varians biasanya disukai para perempuan alasannya ialah bisa meningkatkan mood.

Jenis produk kedua ialah Frutaday. Cemilan jenis ini terbilang masih gres di Indonesia, namun sudah populer di luar negeri sebagai cemilan sehat. Frutaday dari hearty foodie berbentuk lembaran menyerupai rumput laut, namun berbahan baku buah segar serta bertekstur kenyal. Frutaday mempunyai 2 rasa, yaitu mangga dan strawberry.

Frutaday bisa dikonsumsi sebagai pengganti buah untuk pencuci mulut, pengganti selai roti dan sebagai taburan. Dengan materi baku buah orisinil tanpa pengawet, tambahan ataupun pewarna, menciptakan frutaday sangat kondusif dikonsumsi segala usia.

Frutaday dijual dengan harga Rp. 10rb per bungkus isi satu lembar snack buah ukuran 9 cm x 15 cm. Meski tanpa materi pengawet, produk hearty foodie bisa bertahan lama. Selain itu, hearty foodie ini juga sudah mendapat akta halal dari MUI serta PIRT dari dinas kesehatan.

Proses produksi

Meski masih skala rumahan, para sahabat ini tak tanggung-tanggung dalam menekuni bisnis kuliner ringan tersebut. Hal ini mereka buktikan dengan adanya SOP (Standart Operating Procedure) yang mereka buat dan harus mereka jalani demi menjaga kualitas produk.

Di awal usaha, mereka hanya memakai dapur sederhana, mulai dari timbangan, kawasan mencampur adonan, loyang, sampai mesin pemotong adonan. Namun seiring banyaknya pesanan, bertahap mereka bisa membeli peralatan mesin sehingga produksi bisa lebih maksimal.

Kendala usaha

Awal mula memulai usaha, mereka sering mengalami dilema dalam mengedukasi masyarakat mengenai snack sehat yang dibuat. Mereka tidak paham apa itu oat. Namun sehabis dibilang bila itu homogen Quacker Oat, barulah mereka paham.

Konsep snack sehat yang diusung memang masih sangat gres di Indonesia, karenanya mereka harus terlebih dulu mengedukasi masyarakat dan memasarkan produknya dengan baik. Namun seiring berjalannya waktu, dengan kualitas yang terjamin dan tampilan menarik, menciptakan hearty foodie mulai cepat dikenal masyarakat.

Strategi pemasaran hearty foodie

Mulanya mereka hanya mengenalkan Hearty Foodie melalui instagram dan memperlihatkan pada teman-temannya. Tak disangka, produk yang awalnya menyasar kalangan menengah atas ini malah disukai aneka macam kalangan masyarakat.

Titik balik kesuksesan penjualan hearty foodie ialah dikala mereka mengikuti event PRJ Monas. Meski awalnya sempat frustasi alasannya ialah sudah antri usang mendaftar di PRJ, tapi pas giliran malah registrasi ditutup. Beruntung salah satu panitia sempat melihat produk mereka dan jadinya diberi kesempatan untuk presentasi.

Dengan keunikan produk hearty foodie, jadinya mereka pun lolos menjadi salah satu penerima di PRJ Monas kala itu. Dan siapa sangka, produk mereka laku manis diborong konsumen. Setiap harinya hearty foodie selalu ludes terjual. Dari sinilah merk hearty foodie mulai lebih dikenal banyak orang.

Keberhasilan Ade dan Opi membuatnya seringkali diundang untuk mengisi program pekan raya kuliner sehat. Salah satunya di Mal Yogya dan Riau Junction Bandung yang selalu mengadakan event produk sehat tiap tahunnya. Melihat produk mereka yang masih jarang di pasaran, menciptakan pihak mal memperlihatkan kolaborasi pemasaran produk hearty foodie.

Kini produk hearty foodie juga sudah di pasarkan ke beberapa sentra perbelanjaan kelas middle up. Diantaranya : Kemchick Pacific Place, Farmers Market di Jabodetabek, Food Hall Jabodetabek, Lotte Mart, Indomart Fresh, serta Lulu Retail yang merupakan jaringan retail terbesar di jazirah arab.
Info lebih lanjut wacana hearty foodie silakan hubungi :

Hearty Foodie
Cengkareng, Jakarta Barat. Telp 088211259917. Pin BB : 51B606CB
Demikianlah dongeng sukses pendiri hearty foodie. Semoga menginspirasi :)
Referensi Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015

0 Response to "Rahasia ! Hearty Foodie, Kudapan Sehat Dari Buah Asli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel