Rahasia ! Teknik Pembibitan Durian Unggul

Teknik pembibitan durian unggul - Untuk menghasilkan durian unggulan, perlu diterapkan suatu teknik khusus. Tekniknya cukup mudah, namun harus diperhatikan benar-benar langkah demi langkah. Terapkan secara sedikit demi sedikit supaya akibatnya sempurna. Dalam pembibitan, sebaiknya gunakan polybag plastik sebagai wadah. Untuk bibit gres dapat memakai polybag ukuran 20 cm.

Dalam menciptakan media tanam pertama, tuangkan tanah (top soil) ke permukaan polybag. Kemudian masukkan bibit, tuangkan kembali tanah hingga akar bibit tertutup dan terakhir berilah pupuk sangkar dari kotoran kambing sebanyak 1 genggam.
ilustrasi pembibitan
Sebelumnya siapkan dulu tunas durian matahari dan bibit durian non unggulan. Tunas durian matahari ini akan dijadikan batang atas. Sedangkan batang bawahnya diambil dari bibit durian non unggulan dengan perakaran yang lebih baik dan kuat. Kemudian siapkan juga peralatan yang terdiri dari : silet, gunting stek, pisau cutter, plastik es bening dan tali plastik.

Langkah-langkah teknik pembibitan durian unggul :

  1. Untuk mendapat batang bawah yang berupa durian non unggulan, anda harus menanam bijinya dulu. Pastikan biji durian berwarna cokelat, alasannya yaitu hal ini menerangkan bahwa biji sudah tua. Selain itu juga pilih biji dengan tampilan fisik yang besar, alasannya yaitu kandungan nutrisinya bagus.
  2. Setelah 5 bulan kemudian tumbuh setinggi 50 cm. Jika dirasa terlalu lama, untuk mendapat bab bawah tersebut, anda dapat membeli batang bawah yang sudah tersedia di pasaran.
  3. Pilih batang bawah dengan ciri sehat dan fit. Ambil batang bawah setinggi 30 cm dari permukaan tanah.
  4. Kupas tipis kulit batang bawah memakai silet pada bab tengah. Sisakan 4-6 helai daun di bab atas batang yang dikupas.
  5. Setelah itu ambil bab batang atas (entres) yang berupa durian matahari. Ambil dengan cara disilet bab mata yang mempunyai calon bunga. Panjang entres kira-kira sekitar 2-4 cm.
  6. Usai entres (bagian atas) diambil, tempelkan pada bab bawah yang berupa durian non unggulan tadi. Usahakan bab atas dan bawah ini melekat secara sempurna. Kambium harus pas, kulit dalam harus bertemu dengan kulit dalam.
  7. Kemudian balut dengan plastik es kiloan secara rapat.
  8. Letakkan bibit di kawasan teduh supaya tidak tersengat sinar matahari.
  9. Pantau terus perkembangannya. Sekitar 3 ahad hingga 1 bulan, kalau berhasil sambungan akan berwarna hijau ditandai dengan tumbuhnya tunas gres dan berwarna hitam kalau gagal.
  10. Jika benar-benar sudah tersambung, plastik pembungkusnya dapat dilepas.
  11. Lakukan pemangkasan pada batang yang bukan berasal dari entres.
  12. Dengan tingkat keberhasilan 80 persen, bibit durian matahari sudah siap dijual di usia dua bulan atau sudah mempunyai tinggi 50 cm hingga 60 cm.
Demikianlah teknik pembibitan durian unggul ala Syahril yang saya kutip dari Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

0 Response to "Rahasia ! Teknik Pembibitan Durian Unggul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel