Rahasia ! Perawatan Budidaya Durian Unggulan

Perawatan budidaya durian unggulan - Setelah mengetahui syarat tumbuhnya, model tanah menyerupai apa yang cocok untuk pohon durian unggulan, kemudian juga ciri-ciri bibit yang sehat, hingga teknik pembibitan duriannya, sebagai orang yang benar-benar serius ingin menekuni agribisnis durian ini, anda juga perlu tahu cara merawatnya.

Karena seringkali menanam ataupun menciptakan bibit yang unggul untuk durian terasa mudah, tapi justru merawatnya yang cukup sulit. Agar tepat wawasan anda mengenai durian unggulan, berikut teknik perawatan yang perlu diterapkan dalam budidaya durian unggulan.
Ilustrasi perawatan budidaya tanaman

Perawatan budidaya durian unggulan :

  1. Setiap satu bulan sekali, berikan pupuk kimia NPK mutiara dengan dosis 3 gram dicampur 1 liter air untuk 4 batang bibit.
  2. Lakukan penyiraman sehari sekali. Usahakan kondisi tanah jangan hingga kering dan juga jangan terlalu berair alasannya bisa menjadikan pembusukan pada akar. Busuknya akar ini dipicu oleh penggunaan kompos dalam media tanam yang diaduk rata dengan tanah.
  3. Jika ingin dipindahkan pada media tanah langsung, lakukan penjarangan dengan jarak tanam 12 x 12 meter. Hal ini dilakukan biar saat pohon berusia 8 tahun, dahannya tidak saling berbenturan.
  4. Isi flora penyela pada ruas yang dijarangkan sebagai salah satu upaya tumpang sari, bisa berupa sayuran atau kacang-kacangan sehingga lahan tidak mati.
  5. Penyakit yang sering menyerang yakni kutu putih. Penyakit ini menyerang daun dan biasanya tiba pada animo pancaroba. Jika didiamkan, akan menetaskan ulat yang sanggup menggerogoti daun. Cara mengatasinya dengan menyemprotkan insektisidan kurakon atau matador dengan dosis 3 mili liter dicampur 1 liter air.
  6. Lakukan pemangkasan terhadap daun-daun kering.
  7. Pohon durian sudah bisa berbuah semenjak usia 5 tahun jikalau perawatan dilakukan secara intensif dengan santunan pupuk yang berkelanjutan. Tanda-tanda pohon akan berbuah yakni munculnya calon bungan pada batang, calon bunga ini muncul sesudah animo kemarau. Sejak kemunculan calon bunga tersebut, durian akan siap dipanen 130 hari kemudian.
Itulah beberapa tahapan dan cara perawatan budidaya durian unggulan. Meski terlihat agak ribet, namun percayalah, dengan perawatan yang baik, durian anda akan tumbuh maksimal sesuai harapan. Dan yang pastinya panen durian pun melimpah :)
Referensi : Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015

0 Response to "Rahasia ! Perawatan Budidaya Durian Unggulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel