Rahasia ! Laba Menggiurkan Dari Bisnis Kaos Islami

Bisnis kaos islami - Meski banyak model kaos distro di pasaran, namun tetap memberi daerah bagi kaos bertema islam untuk digandrungi banyak orang. Kreatifitas Sigit Sulistianto telah menginspirasinya membuat sebuah produk kaos islami yang berbeda.

Setiap desain kaos islami yang ia buat selalu ludes terjual, bahkan ia mengaku sering kewalahan mengatasi usul pelanggan. Seperti apa konsep bisnis kaos islami yang ia jalankan ini?
kaos oasewear untuk muslimah / gambar via oasewear.net
Mengaku hobi dengan pakaian distro dan sering mengikuti perkembangan pakaian distro baik dari dalam dan luar negeri, membuat Sigit ingin mempunyai perjuangan sendiri di bidang fashion. Dengan tekad yang bundar tersebut, ia mulai fokus menekuni bisnis fashion ini pada tahun 2012.

Tak tanggung-tanggung, ia berani resign dari pekerjaannya pada salah satu anak perusahaan Astra. Sebagai perwujudan keseriusannya yang lebih dalam, ia pun pergi ke Jogja, Bandung dan Jakarta untuk memperdalam pengetahuan di bidang fashion.

Modal awal

Awal mula membangun bisnis kaos islami, Sigit mengaku menggelontorkan modal sebesar Rp. 50 juta. Modal tersebut ia gunakan untuk membeli kain serta membuat brand (Oasewear). Dari sinilah Sigit mulai berkreasi dengan membuat aneka macam sampel pakaian, mulai dari kemeja, tas, topi, sampai aneka macam kaos distro.

Model kaos oasewear

Sigit selalu berkreasi mengikuti tren fashion di masyarakat. Kendati begitu, model fashion Oasewear selalu mengedepankan nilai-nilai islam. Misal pada desain kaos untuk akhwat (wanita). Oasewear membuat desain kaos yang lebih longgar dan tidak ketat menyerupai pada umumnya.

Meski begitu, kaos akhwat oasewear ini tetap nyaman digunakan, modis, anggun dan yummy dipandang. Kaos dari Oasewear memakai materi 100% full cotton dengan kualitas grade A, sehingga tidak panas ketika dikenakan. Desain gambar pada kaos juga tidak terlalu ramai dan mencolok, hal ini akan membuat kesan soft.

Meski konsep kaosnya distro, namun Oasewear mempunyai ciri khas yang tidak sama dengan kaos distro pada umumnya. Perbedaan ini terlihat pada kata-kata yang ada pada kaos tersebut, yang lebih mempunyai makna keislaman, contohnya kata "Man Jadda wa Jada", "La Tahzan", "One Day One Juz", dan sebagainya.

Harga kaos distro islami oasewear

Harga yang dibandrol untuk produk bisnis kaos islami dari Sigit ini pun bermacam-macam. Dimulai untuk T-Shirt perjaka lengan pendek dihargai Rp. 125 ribu / pcs, T-Shirt lengan panjang perjaka Rp. 145 ribu / pcs, T-Shirt akhwat Rp. 145 ribu / pcs, T-Shirt akhwat kancing Rp. 155 ribu / pcs, sedangkan hoodie Rp. 296 ribu / pcs.

Ukuran kaos yang diproduksi Sigit juga cukup lengkap, mulai dari S, M, L, XL, double XL, triple XL. Untuk ukuran double XL dan triple XL akan dikenai perhiasan harga antara Rp. 10 ribu sampai Rp. 15 ribu.

Keuntungan bisnis kaos islami Oasewear

Setiap bulannya, Sigit biasa memproduksi 1.000-3.000 produk pakaian. Sekitar 70-90% produk selalu laris dengan omset mencapai lebih dari Rp. 100 juta perbulannya. Dengan omset sebesar itu, Sigit mendapat laba higienis sekitar Rp. 50 jutaan perbulannya.

Untuk membantuk produksi bisnis kaos islami yang ia tekuni, Sigit dibantu oleh 3 jasa maklon yang ada di Bandung. Dengan memakai jasa maklon, Sigit tak lagi repot mengurus karyawan dan operasional, sehingga beliau dapat fokus di bab pemasaran.

Strategi pemasaran

Sigit mengandalkan pemasaran melalui aneka macam media umum menyerupai facebook, twitter, BBM serta instagram. Target pasar yang lebih condong kepada anak muda, membuat media umum menjadi senjata pemasaran yang ampuh bagi bisnis kaos islami ini.

Selain itu, Sigit juga memasarkan produknya dalam aneka macam pameran, menyerupai ekspo Jakcloth yang baru-baru ini diselenggarakan di parkir timur senayan, Jakarta.

Sigit juga membuka sistem kerjasama dalam bentuk reseller atau keagenan. Hanya dengan modal Rp. 500 ribu, mereka yang berminat sudah dapat menjadi reseller dengan mendapat diskon harga tertentu sesuai investasi modalnya.

Kendala

Cepat berubahnya tren mengakibatkan hambatan tersendiri bagi bisnis kaos islami Oasewer ini. Sebagus apapun desain kaos, kalau sudah tidak tren dan tidak sesuai konsumen, maka penjualannya akan berkurang. Solusi untuk hal ini ialah dengan memberi diskon khusus pada produk yang kurang laku.

Bisa juga dengan menunjukkan secara cuma-cuma produk kaosnya pada publik figur tertentu. Kalau produknya perihal islami gini, dapat diberikan pada artis Sahrul Gunawan, Salman Al jugjawy (Sakti ex Sheila on 7), Caisar dan artis lainnya.
Info lebih lanjut dapat hubungi :
Sigit Sulistiantio (Oasewear Islamic Clothing)
Pamulang Estate, Blok H6 No. 38 Jalan Anggur Raya Pamulang Timur Tangerang Selatan, Banten.
Telp. 08129009066
Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai bisnis kaos islami Oasewear. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)
Referensi : Tabloid Peluang Usaha Edisi 10 Th XI Juni - Juli 2016

0 Response to "Rahasia ! Laba Menggiurkan Dari Bisnis Kaos Islami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel