Rahasia ! Cara Memulai Bisnis Yang Menguntungkan

Cara memulai bisnis yang baik dibutuhkan dalam usaha mempunyai suatu bisnis yang hebat. Biasanya para pebisnis pemula malah mengabaikan hal ini. Mereka lebih banyak sibuk dengan pertanyaan seputar modal. "Dari mana modalnya?", "Berapa modalnya?",  "Saya belum ada modal", dan aneka macam modal-modal lainnya.

Padahal, jikalau berhasil menjawab atau mencari tahu perihal cara memulai bisnis yang baik, modal bukanlah halangan. Cara memulai bisnis yang baik akan menjawab semua kegalauan dan pertanyaan sebelum memulai bisnis.
Ilustrasi memulai bisnis
Ada banyak cara untuk mulai berbisnis. Agar mendapat hasil yang menguntungkan, sebaiknya semua tahap berguru dipatuhi serta dilaksanakan sebaik mungkin. Sebagai calon pengusaha yang baik, tentu kita menentukan cara-cara berbisnis yang legal, halal dan berkah.

Seperti diketahui, bisnis sanggup dikategorikan menjadi bisnis online dan bisnis konvensional. Bisnis online sangat mengandalkan internet dalam pelaksanaannya. Sedangkan bisnis konvensional sudah sangat banyak ditemui di kehidupan sehari-hari. Mulai dari usaha toko kelontong, laundry, warung kopi, budidaya ternak, budidaya hortikultura, MLM hingga bisnis properti.

Cara memulai bisnis konvensional yang menguntungkan

Seperti disinggung di atas, bisnis konvensional ialah bisnis offline. Keberadaannya sanggup dilihat secara langsung. Entah itu bentuk usahanya, bentuk tokonya, acara usahanya, para karyawannya, dan lain-lainnya yang sanggup dilihat :D

Ambil pola kita ingin memulai usaha toko kelontong. Meskipun kata orang sangat mainstream karena sudah banyak sekali, usaha toko kelontong berdasarkan saya masih berpotensi untuk dikembangkan.

Biarpun terbilang mainstream, penghasilan yang didapat jangan hingga ikutan mainstream. Kita harus sanggup lebih baik. Bagaimana caranya? Sebelum mendirikan toko kelontong, ada baiknya anda survey dulu ke lingkungan sekitar, barang-barang apa saja sih yang sulit didapat masyarakat sekitar?

Sulit di sini sanggup disebabkan bermacam-macam. Mungkin daerah belinya terlalu jauh, harganya terlalu mahal, stoknya terbatas dan lain-lain. Jika sudah ketemu, catatlah daftar barang-barang tersebut. Setelah dirasa cukup, barulah buka toko kelontong anda. Isi dagangannya ialah barang-barang yang sulit didapat masyarakat di sekitar anda tadi.

Jangan lupa setalah warung kelontong dibuka, umumkan ke para tetangga yang anda survey. Meski anda nantinya mungkin sanggup memonopoli, usahakan untuk selalu menstabilkan harga barang. Jangan seenaknya sendiri dalam mengambil keuntungan.

Lakukan bundling (penggabungan) produk terhadap produk-produk yang kurang laku. Misal kerupuk udang cap A kurang laku di warung anda. Lakukan bundling antara kerupuk A dengan minyak goreng cap A yang cukup laku di toko kelontong anda.

Karena bundling, tentu harganya harus diturunkan. Untung sedikit nggak masalah, yang penting tidak ada penumpukan barang dan modal sanggup terus berputar.

Pelayanan yang baik ialah keharusan. Layani semua konsumen dengan senyum dan keramahan. Jika pelayanan memuaskan, harga sedikit mahal biasanya tak menjadi dilema bagi para konsumen. Untuk memaksimalkan pelayanan, anda sanggup membuka layanan antar belanja.

Tidak hanya masakan cepat saji yang sanggup delivery order (layanan antar), warung kelontong anda pun tak ada salahnya membuka layanan menyerupai itu. Perhitungkan dengan baik perhiasan biaya untuk delivery order. Jangan hingga anda menanggung kerugian karenanya.

Itulah salah satu cara memulai bisnis yang baik pada usaha konvensional (offline). Selanjutnya akan dibahas mengenai cara memulai bisnis online. Are u ready? :D

Cara memulai bisnis online yang menguntungkan

Pada kurun internet menyerupai ini, bisnis online bukanlah suatu hal yang wah. Malahan kalau tidak mengonlinekan bisnis yang kita punya ke internet, kita sanggup ketinggalan jaman. Banyak usaha-usaha konvensional yang terbantu lantaran internet.

Mereka memperluas jangkauan pasarnya ke seluruh Indonesia, bahkan dunia. Beberapa di antaranya yang pernah saya tulis ialah sepatu couple family Gems Kids. Ada juga kap lampu batik dari Solo.

Ada yang bilang bisnis online itu enak. Bisnis online memang enak. Cukup dikerjakan di rumah atau dimana saja asal ada koneksi internet dan laptop, maka bisnis pun jalan. Namun tetap butuh usaha layaknya bisnis konvensional. Malah tak jarang perjuangannya lebih keras dari bisnis konvensional.

Kaprikornus bisnis online itu tetap butuh modal. Meski terkadang modalnya juga tak sebanyak saat mendirikan usaha warung kelontong. Malahan modal terbesar dalam membangun bisnis online bukanlah uang, melainkan semangat.

Banyak para pemula yang ingin kerja online atau usaha online menuai cibiran di awal usaha. Dikatakan mimpi lah, diremehkan lantaran bukan orang IT, hingga dianggap gila. Belum lagi ntar di tengah perjalanan saat usaha sudah mulai menghasilkan, para pengusaha online ada juga yang dituduh perlihara tuyul lah, cari pesugihan.

Ya itu memang wajar. Karena masyarakat yang belum tahu melihat kita sehari-harinya di rumah, eh tapi sanggup mempunyai ini itu, kebutuhan hidup pun terpenuhi dengan baik. Maka dari itu, dalam memulai bisnis online, hal pertama yang harus dimiliki ialah semangat!

Semangat mempunyai arti yang sangat luas. Bisa semangat dalam berguru bisnis online, sanggup juga semangat dalam menghadapi gangguan dari luar, misal aneka macam macam bentuk cibiran tadi.

Setelah semangat, kita perlu mencari guru yang tepat. Atau kalau anda belum punya biaya, belajarlah dari forum-forum bisnis online. Banyak para mastah yang rela membuatkan pengalaman hingga pengetahuan perihal bisnis online yang mereka kerjakan.

Setelah itu harus fokus. HARUS FOKUS!! Mengapa ini penting, lantaran dengan fokus, kita akan cepat mencapai keinginan dan keinginan. Untuk diketahui, bisnis online itu banyak sekali macamnya. Mulai jualan online, ngeblog, affiliate, dan sejenisnya.

Pilih salah satu bisnis dulu. Pelajari, tekuni, dan praktekkan. Jika menemui kesulitan, cari solusinya di google atau forum-forum tadi. Tetap fokus dan tekuni hingga benar-benar menghasilkan. Jangan ganti-ganti bisnis dulu sebelum berhasil. Setelah berhasil, anda akan mengetahui seluk beluknya.

Pengalaman tak pernah bohong. Jika seluk beluknya sudah diketahui, anda sanggup menambah lagi jumlah bisnis. Misal sudah sukses jualan baju online lewat facebook. Tak ada salahnya untuk menambah lagi. Misal jual hijab lewat facebook.

Itulah sedikit ulasang mengenai cara memulai bisnis yang baik dan menguntungkan. Yang paling penting dari semua ini ialah action. Action untuk segera memulai bisnis. Apapun bisnis anda, mau online ataupun konvensional, anda harus segera action untuk mewujudkannya :)

0 Response to "Rahasia ! Cara Memulai Bisnis Yang Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel