Pengantar Untuk Rencana Bisnis

Rencana usaha merupakan deskripsi tertulis mengenai masa depan usaha Anda. Itu saja yg ada buat itu sebuah dokumen yg menggambarkan apa yang akan Anda rencanakan dan bagaimana Anda merencanakan buat melakukannya. Jika Anda menuliskan sebuah paragraf di bagian belakang amplop yg menjelaskan strategi bisnis Anda, Anda telah menulis sebuah rencana, atau paling tidak kuman menurut sebuah rencana.

rencana bisnis
rencana bisnis


Rencana bisnis bisa membantu melakukan sejumlah tugas bagi mereka yg menulis & membacanya. Mereka digunakan oleh pengusaha pencari investasi buat mengungkapkan visinya kepada calon investor. Mereka juga dapat digunakan sang perusahaan yg mencoba menarik karyawan kunci, prospek bisnis baru, berurusan dengan pemasok atau hanya buat tahu bagaimana mengelola perusahaan mereka dengan lebih baik.

Jadi apa yang termasuk dalam planning usaha, & bagaimana cara Anda menggabungkannya? Secara sederhana, planning bisnis menyampaikan tujuan usaha Anda, strategi yang akan Anda pakai buat mencapainya, perkara potensial yang mungkin dihadapi usaha & cara Anda buat menyelesaikannya, struktur organisasi bisnis Anda (termasuk judul dan tanggung jawab), dan akhirnya, jumlah kapital yang dibutuhkan untuk membiayai bisnis Anda dan mempertahankannya hingga akhirnya turun.


Bagian Utama Rencana Bisnis 


  • Terdengar mengesankan Bisa jadi, jika disatukan dengan benar. Rencana usaha yang baik mengikuti panduan umum buat formulir dan konten. Ada tiga bagian utama pada planning bisnis:
  • Yang pertama merupakan konsep bisnis, di mana Anda mendiskusikan industri, struktur bisnis, produk atau layanan khusus Anda, dan bagaimana Anda merencanakan supaya usaha Anda sukses.
  • Yang ke 2 adalah bagian pasar, di mana Anda menggambarkan & menganalisis calon pelanggan: siapa & di mana mereka, apa yg menciptakan mereka membeli dan sebagainya. Di sini, Anda pula menggambarkan kompetisi dan bagaimana Anda memposisikan diri buat mengalahkannya.
  • Akhirnya, bagian keuangan berisi laporan arus kas dan arus kas, neraca & rasio keuangan lainnya, seperti analisis impas. Bagian ini mungkin memerlukan donasi dari akuntan Anda dan acara aplikasi spreadsheet yang cantik.


Memecah tiga bagian utama ini lebih jauh lagi, 7 Cara Menulis rencana bisnis (Business Plan ) dimana sebuah planning bisnis terdiri menurut tujuh komponen primer:

  • Ringkasan usaha plan
  • Deskripsi usaha
  • Strategi pasar
  • Analisis kompetitif
  • Desain dan rencana pengembangan
  • Operasi dan rencana pengelolaan
  • Faktor keuangan


Selain bagian ini, rencana usaha pula wajib  mempunyai sampul, laman judul & daftar isi.

Berapa Lama Rencana Bisnis Anda?


Bergantung dalam apa yang Anda gunakan buat itu, rencana bisnis yang bermanfaat sanggup berupa panjang apapun, berdasarkan goresan pada bagian belakang amplop, pada kasus rencana jelas yg mendeskripsikan perusahaan yg kompleks, lebih menurut 100 laman. Rencana usaha yg spesial   berjalan 15 sampai 20 page, tetapi ada ruang buat variasi yg luas menurut norma tersebut.

Banyak akan tergantung pada sifat usaha Anda. Apabila Anda memiliki konsep sederhana, Anda mungkin sanggup mengungkapkannya dengan kata-kata yang sangat sedikit. Di sisi lain, apabila Anda mengajukan jenis usaha baru atau bahkan industri baru, mungkin memerlukan sedikit penerangan untuk mengungkapkan pesan.

Tujuan rencanamu juga memilih panjangnya. Jika Anda ingin memakai rencana Anda buat mencari jutaan dolar dalam modal benih buat memulai bisnis berisiko, Anda mungkin wajib  banyak menjelaskan & meyakinkan. Apabila Anda hanya akan menggunakan rencana Anda untuk tujuan internal buat mengelola usaha yg sedang berjalan, versi yg jauh lebih singkat seharusnya nir masalah.

Siapa yang Membutuhkan Rencana Bisnis?


Tentang satu-satunya orang yg tidak memerlukan rencana bisnis merupakan orang yang nir berbisnis. Anda tidak memerlukan rencana buat memulai hobi atau cahaya bulan dari pekerjaan rutin Anda. Tapi siapa pun yang memulai atau memperluas usaha yang akan mengkonsumsi sumber daya uang, energi atau ketika yg signifikan, & yg dibutuhkan bisa membuat laba, harus meluangkan saat buat menyusun beberapa jenis planning.

Rencanakan Daftar Periksa yg Memperbarui



Berikut adalah tujuh alasan buat memikirkan memperbarui planning usaha Anda. Jika hanya satu yang berlaku untuk Anda, inilah saatnya update.

  • Periode keuangan baru akan dimulai. Anda dapat memperbarui rencana Anda setiap tahun, kuartalan atau bahkan bulanan bila industri Anda cepat berubah.
  • Anda membutuhkan pembiayaan, atau pembiayaan tambahan. Pemberi pinjaman & pemodal lainnya memerlukan rencana yang diperbarui buat membantu mereka membuat keputusan pembiayaan.
  • Ada perubahan pasar yang signifikan. Pergeseran kesukaan klien, tren konsolidasi pada antara pelanggan dan iklim peraturan yang berubah dapat memicu kebutuhan akan pembaruan planning.
  • Perusahaan Anda mengembangkan atau akan berbagi produk, teknologi, layanan atau keterampilan baru. Apabila usaha Anda sudah banyak berubah sejak Anda menulis rencana Anda untuk pertama kalinya, saatnya buat memperbarui.
  • Anda telah mengalami perubahan dalam manajemen. Manajer baru harus mendapatkan informasi baru tentang usaha dan target Anda.
  • Perusahaan Anda telah melewati ambang batas, misalnya pindah menurut kantor pusat Anda, melewati nomor  penjualan $ 1 juta atau mempekerjakan karyawan Anda yg ke 100.
  • Rencana usang Anda sepertinya tidak mencerminkan fenomena lagi. Mungkin Anda melakukan pekerjaan yg tidak baik terakhir kali; Mungkin hal-hal baru saja berubah lebih cepat menurut perkiraan Anda. Tapi bila rencanamu nampaknya nir relevan, ulangi itu.

Menemukan Rencana yg Tepat buat Anda


Rencana usaha cenderung mempunyai banyak elemen yang sama, seperti proyeksi arus kas & rencana pemasaran. Dan poly berdasarkan mereka pula memiliki tujuan tertentu, misalnya mengumpulkan uang atau membujuk pasangan untuk bergabung dengan perusahaan. Tapi rencana usaha sama sekali tidak sama dengan semua bisnis.

Bergantung dalam bisnis Anda & apa yang ingin Anda gunakan buat planning Anda, Anda mungkin memerlukan jenis rencana usaha yang tidak sinkron berdasarkan pengusaha lain. Rencana tidak selaras secara luas pada penampilan mereka, penampilan mereka, detail isinya, dan aneka macam tekanan yang mereka tempatkan dalam berbagai aspek usaha.

Alasan bahwa pemilihan planning begitu penting adalah bahwa ia mempunyai impak yang bertenaga terhadap keseluruhan efek rencana Anda. Anda ingin planning Anda buat menyajikan Anda dan bisnis Anda pada cahaya terbaik & paling akurat. Tidak kasus apa pun yang ingin Anda pakai buat rencana Anda, apakah itu ditakdirkan buat dipresentasikan pada konferensi modal ventura, atau tidak akan pernah meninggalkan kantor Anda sendiri atau terlihat pada luar sesi taktik internal.

Jika Anda memilih pakaian buat acara krusial, kemungkinan Anda akan menentukan item yang akan memainkan fitur terbaik Anda. Pikirkan planning Anda menggunakan cara yang sama. Anda ingin membicarakan hal positif yg mungkin dimiliki usaha Anda dan pastikan mereka mendapat pertimbangan.

Jenis Rencana Bisnis

Rencana bisnis bisa dibagi kira-kira menjadi empat jenis yg terpisah. Ada rencana yg sangat singkat, atau minipada. Ada planning kerja, planning presentasi dan bahkan planning elektro. Mereka membutuhkan jumlah tenaga kerja yg sangat berbeda & nir selalu dengan hasil yang tidak sinkron secara proporsional. Artinya, planning yg lebih rumit nir dijamin lebih unggul berdasarkan yang disingkat, tergantung dalam apa yg ingin Anda pakai.

Miniplan


Sebuah miniplan dapat terdiri menurut satu hingga 10 page dan wajib  mencakup paling tidak sepintas perhatiannya terhadap hal-hal penting seperti konsep bisnis, kebutuhan pembiayaan, planning pemasaran & laporan keuangan, terutama arus kas, proyeksi pendapatan & neraca. Ini merupakan cara yg mengagumkan buat menguji konsep bisnis menggunakan cepat atau mengukur minat calon kawan atau investor kecil. Ini juga mampu menjadi awal yang berharga buat sebuah planning panjang penuh nanti.

Hati-hati menyalahgunakan miniplan. Ini tidak dimaksudkan buat menggantikan planning panjang penuh. Jika Anda mengirim miniplan ke investor yg mencari yang komprehensif, Anda hanya akan terlihat kolot.

Rencana Kerja


Rencana kerja merupakan indera yang sanggup dipakai untuk menjalankan usaha Anda. Ini wajib  panjang dalam lebih jelasnya akan tetapi mungkin singkat dalam presentasi. Seperti halnya miniplan, Anda mungkin sanggup mendapatkan tingkat keterbukaan & informal yang relatif tinggi ketika menyiapkan rencana kerja.

Sebuah rencana yg dimaksudkan secara ketat buat penggunaan internal pula dapat menghilangkan beberapa elemen yang krusial dalam satu hal yang ditujukan pada seseorang di luar perusahaan. Anda mungkin tidak perlu menyertakan lampiran dengan resume eksekutif kunci, misalnya. Rencana kerja jua tidak akan menerima manfaat berdasarkan, katakanlah, foto produk.

Fit dan finish sangat tidak sama dalam planning kerja. Ini tidak krusial bahwa planning kerja dicetak dalam kertas berkualitas tinggi & dilapisi menggunakan bahan pengikat mewah. Sebuah pengikat 3 cincin tua dengan "Rencana" yg ditulis pada atasnya dengan spidol felt-tip akan berfungsi dengan cukup baik

Konsistensi internal berita & figur sama pentingnya dengan planning kerja misalnya yang ditujukan buat orang luar. Tetapi, Anda nir wajib  berhati-hati mengenai hal-hal seperti kesalahan ketik pada teks, sangat sinkron dengan gaya usaha, konsisten menggunakan format lepas dan sebagainya. Dokumen ini seperti sepasang celana khaki kuno yg Anda kenakan ke kantor pada hari Sabtu atau truk pengangkut kuno yg sepertinya tidak pernah rusak. Itu ada buat dipakai, tidak dikagumi.

Rencana Presentasi


apabila Anda mengambil rencana kerja, dengan tekanan rendah dalam kosmetik & kesan, dan memutar kenop buat menaikkan jumlah perhatian yang dibayarkan dalam penampilannya, Anda akan selesai dengan planning presentasi. Rencana ini cocok buat ditunjukkan pada bankir, investor dan pihak lain diluar perusahaan.

Hampir semua fakta dalam planning presentasi akan sama dengan rencana kerja Anda, walaupun mungkin sedikit tidak sama. Misalnya, Anda wajib  memakai kosakata bisnis baku, menggunakan mengabaikan jargon, slang, & singkatan informal yg sangat berguna pada tempat kerja & sinkron pada planning kerja. Ingat, pembaca ini nir akan terbiasa dengan operasi Anda. Berbeda dengan planning kerja, rencana ini nir digunakan sebagai pengingat melainkan menjadi pengantar.

Anda pula harus menyertakan beberapa elemen tambahan. Di antara persyaratan investor untuk due diligence merupakan informasi tentang seluruh ancaman dan risiko persaingan. Bahkan bila Anda mempertimbangkan beberapa hal krusial hanya perifer, Anda perlu mengatasi kasus ini menggunakan menaruh informasinya.

Perbedaan akbar antara presentasi dan rencana kerja adalah pada rincian penampilan & semir. Rencana kerja mampu dilepaskan pada printer tempat kerja dan dijepit di salah  satu sudut. Rencana presentasi harus dicetak sang printer berkualitas tinggi, mungkin menggunakan rona. Ini wajib  terikat dengan pakar pada buklet yang tahan lama   dan gampang dibaca. Ini wajib  meliputi grafik misalnya grafik, grafik, tabel & gambaran.

Penting supaya planning presentasi seksama & konsisten secara internal. Kesalahan pada sini bisa dipercaya sebagai galat sang orang luar yang nir simpatik. Paling banter, itu akan membuat Anda terlihat kurang hati-hati. Jika ringkasan rencana tadi menggambarkan kebutuhan pembiayaan $ 40.000, tetapi proyeksi arus kas menampakan $ 50.000 dalam pembiayaan yg masuk selama tahun pertama, Anda mungkin berpikir, "Ups! Lupa buat memperbarui ringkasan tadi buat memperlihatkan angka baru." Investor yg Anda minta buat mengasuh uang tunai, bagaimanapun, tidak mungkin terlalu amal.

Rencana Elektronik


Sebagian besar  rencana usaha disusun di komputer, kemudian dicetak & dipresentasikan dalam bentuk hard copy. Tetapi semakin banyak fakta usaha yg pernah ditransfer antar partai hanya pada atas kertas kini   dikirim secara elektronika. Jadi Anda mungkin merasa perlu buat memiliki versi elektronika dari rencana Anda yg tersedia. Rencana elektro dapat bermanfaat buat presentasi ke gerombolan  memakai proyektor overhead berbasis komputer, contohnya, atau buat memuaskan tuntutan investor diskriminatif yang ingin dapat menyelidiki secara mendalam bagian dasar dari spreadsheet yg kompleks.

0 Response to "Pengantar Untuk Rencana Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel