Rahasia ! Cara Menghasilkan Uang Dari Hobi Traveling

Di zaman now, traveling menjadi sebuah hobi yang tampaknya menular. Hal ini tak lepas dari acara-acara tv bertema traveling yang sering tampil pada jam-jam utama penayangan. Selain itu perkembangan smartphone yang begitu pesat, memudahkan orang untuk mengabadikan setiap momen yang mereka lalui, termasuk dikala jalan-jalan atau traveling.

Namun sayang, masih banyak yang menyimpan hasil jepretannya dikala traveling hanya dengan sebaris kalimat di medsos, bahkan malah ada juga beberapa yang hanya menyimpannya di hardisk laptop maupun smartphone.

Hobi traveling yang saya maksud bukan hanya pergi ke luar negeri, naik pesawat, tidur di hotel berbintang dan menikmati hidangan restoran mewah. Lebih dari itu,  jalan-jalan sore menikmati keindahan kota, menghabiskan waktu weekend dengan mengunjungi tempat-tempat di kotamu yang selama ini belum pernah kau kunjungi atau sekedar menikmati batagor yang ada di sekitar. Hal-hal semacam itu sudah termasuk kegiatan traveling yang bisa kau kembangkan untuk menghasilkan uang.

Caranya yakni dengan menceritakan banyak sekali pengalamanmu itu dalam sebuah travel blog. Membuat travel blog pun cukup mudah, siapa saja bisa membuatnya hanya dengan beberapa langkah, tanpa memandang latar belakang pendidikan, profesi maupun usia.

Yang terpenting kau bisa mengemas kisah jalan-jalanmu dengan menarik. Jika kau tidak terbiasa menulis atau bercerita, saya akan membantu membiasakannya dengan langkah-langkah yang sederhana.

Dalam artikel ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk menciptakan travel blog dan kemudian mengisinya dengan tulisan-tulisan yang menarik dan berpotensi menghasilkan uang.

Kenapa travel blog?

Travel blog merupakan blog atau website yang berisikan artikel-artikel wacana kegiatan traveling yang kau lakukan. Travel blog sanggup diakses semua orang lewat internet. Sehingga orang-orang dari banyak sekali wilayah di Indonesia, bahkan dunia, bisa membaca artikel-artikel yang telah kau buat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Think With Google dengan 5.000 responden pada tahun 2014, memperlihatkan bahwa 65% wisatawan dengan tujuan berlibur dan 69% wisatawan dengan keperluan bisnis memakai internet untuk tetapkan tujuan dan bagaimana cara mereka bepergian.

Ketergantungan mereka pada internet dalam mencari informasi wisata lebih besar daripada pencarian dengan media lain. Google menjadi solusi yang ampuh untuk mencari banyak sekali info wisata. Google merupakan mesin pencari dengan market share terbesar di dunia, kurang lebih sekitar 65%. Jumlah ini tentu sangat besar, ada sekitar 100 miliar pencarian di google tiap bulannya.

Nah, itulah salah satu alasan kenapa harus menciptakan travel blog, yaitu biar blogmu gampang muncul di pencarian google. Dengan terindeksnya travel blog kau di google, tentu akan berpotensi mendapatkan banyak pengunjung. Pengunjung itulah yang nanti akan berpotensi mendatangkan penghasilan bagimu.

Gabungkan Travel Blog dengan Media Sosial

Maraknya penggunaan media umum ibarat facebook, instagram, twitter hingga youtube menciptakan orang beranggapan bahwa dengan mempunyai akun di banyak sekali medsos tersebut, mereka telah mempunyai identitas di dunia online. Cerita travelingmu memang bisa diposting di banyak sekali media umum itu, namun menjadi tidak lengkap kalau belum ditulis di travel blog.

Hal ini alasannya yakni medsos mempunyai keterbatasan dalam memberikan kisah jalan-jalanmu. Dimulai dari facebook. Postingan yang kau buat di facebook sebagian besar hanya sanggup dilihat oleh teman-temanmu sendiri. Facebook memang mempunyai fasilitas pencarian, namun pencariannya terbatas. Pun demikian kalau kau memakai instagram.

Twitter memperlihatkan fasilitas lebih yaitu adanya trending topic yang selalu berganti tiap harinya. Tulisan jalan-jalanmu bisa saja menjadi tren, namun sayang aksara tulisannya terbatas.

Video youtube pun sanggup kau gunakan. Lewat youtube kau bisa bebas mengekspresikan diri, menceritakan pengalaman jalan-jalanmu layaknya presenter program traveling. Namun, narasi mulut saja kurang cukup. Kamu butuh informasi statis berupa teks untuk menambah ketertarikan para pengunjung.

Dengan travel blog, kau bebas mengintegrasikan semua media umum yang kau miliki. Bagikan artikel-artikel yang telah kau tulis di travel blog ke facebook, instagram, twitter hingga youtube. Hal ini bisa menaikkan posisi travel blog kau di pencarian google yang secara otomatis juga akan meningkatkan pengunjung.

Beberapa contoh kisah sukses pemilik travel blog

Travel blog mungkin menjadi suatu hal yang gres bagimu dalam menghasilkan pundi-pundi uang. Kamu tentu belum percaya 100% kalau travel blog benar-benar bisa menghasilkan uang. Baiklah, untuk merampungkan rasa penasaranmu, berikut ini saya sajikan kisah dari 2 orang pemilik travel blog yang telah sukses menghasilkan uang dari hobinya tersebut.

Dimulai dengan travelerien.com. Blog yang dimiliki oleh Mbak Katerina ini konsisten menulis wacana traveling semenjak 2012 lalu. Memulai travel blog tak harus mencari tempat-tempat yang jauh dan mahal untuk dijadikan materi artikel. Kamu bisa memulainya dengan hal yang sederhana, mereview roti misalnya.
Roti ayam bakso dan pia durian / gambar via travelerien.com
Akhir-akhir ini saya suka membaca travel blog Mbak Katerina. Artikel-artikel yang ditulis sangat yummy dibaca, ngalir dan tidak dibuat-buat. Dan yang lebih keren lagi, Mbak Katerina konsisten untuk terus mengupdate blognya. Makara nggak bosen, selalu ada kisah gres dari Mbak Katerina.

Beliau menceritakan pengalaman jalan-jalannya secara rinci, apa adanya, jujur. Meski artikelnya panjang-panjang, namun saya selalu betah membacanya paragraf demi paragraf. Padahal sebelumnya saya sering ogah-ogahan untuk baca artikel yang panjang ibarat itu.

Tiap kata yang disusun selalu membius saya untuk nagih membaca artikel lainnya dari travelerien.com. Dengan segala pesona yang ditampilkan Mbak Katerina dalam travelerien.com, tak heran kalau ia sudah menjuarai 18 lomba blog dengan hadian jutaan rupiah. Menjadi kontributor di 78 majalah cetak. Beberapa kali diundang dalam pekan raya blogger dan menjadi narasumber workshop wacana blog di banyak sekali tempat. Direview oleh beberapa website besar sebagai acuan blog travel keren sekaligus terpopuler. Dan masih banyak lagi prestasi lainnya dari Mbak Katerina yang di masa depan tentu akan terus bertambah mengingat jam terbang ia yang begitu tinggi sebagai travel blogger.

Dari ulasan tersebut sudah menggambarkan bagaimana sebuah travel blog bisa menghasilkan uang. Selain itu saya juga melihat Mbak Katerina seringkali mendapatkan endorsement dari banyak sekali merk untuk mereview produk mereka.

Mbak Katerina juga memasang iklan dari google adsense di blognya. Hal ini tentu menghasilkan embel-embel pendapatan tersendiri bagi beliau.

Travel blog keren selanjutnya yang juga sukses mendulang pundi-pundi penghasilan yakni jajanbeken.com. Blog yang dihiasi dengan banyak kisah traveling sekaligus masakan oleh Mas Adieguno dan Mas Bona ini telah berkali-kali menjuarai lomba blog, bekerjasama dengan puluhan partnership, dan ibarat pemilik travelerien.com, jajanbeken.com juga menjadi narasumber dalam suatu workshop.

Membaca artikel di jajanbeken.com seakan mempelajari manual book untuk traveling. Semuanya tersaji secara lengkap dan rinci. Yang paling saya suka, setiap alamat yang disertakan dalam artikel pribadi dicantumkan google mapsnya, sehingga saya bisa pribadi melacaknya seketika, tak perlu kelamaan nulis alamat secara manual di google maps.

Selain itu, jajanbeken.com juga selalu memberikan rating serta kisah wacana banyak sekali fasilitas dari daerah makan yang mereka singgahi. Hal ini tentu memudahkan para pembaca untuk mendapatkan citra lebih detail dari daerah makan yang direview.

Bagaimana menciptakan konten travel blog yang menarik

Melihat contoh-contoh kesuksesan para travel blogger di atas, tentu sudah semakin memantapkan hatimu untuk menjadi travel blogger sukses selanjutnya. Sebagaimana diketahui, artikel merupakan inti dari kesuksesan sebuah travel blog.

Lantas artikel ibarat apa yang cocok dijadikan konten dari sebuah travel blog? Tulisan wacana apa yang menarik pengunjung travel blog?

Dengan mempelajari ulasan dari contoh travel blog yang sukses di atas, sanggup diambil kesimpulan mengenai konten yang menarik untuk travel blog. Idelanya harus memuat 3 aspek berikut :

1. Foto dan video

Pengunjung tentu ingin melihat hal-hal yang kau ceritakan dalam blog. Oleh alasannya yakni itu biar konten sebuah travel blog bisa menarik banyak pengunjung, minimal harus disertakan foto dari kegiatan jalan-jalan yang kau lakukan. Jika memungkinkan, kau juga boleh menyertakan video dalam postingan travel blog yang kau miliki.

2. Lokasi

Selain alamat yang kau tulis di blog, kau juga bisa menyertakan lokasi traveling yang kau ceritakan dengan google maps. Hal ini akan sangat membantu pembaca menemukan lokasi yang kau maksud dengan cepat. Mereka niscaya akan sangat berterimakasih kepadamu. Sebagai imbasnya, mereka akan menjadi pengunjung loyal yang siap meramaikan travel blogmu.

3.  Informasi penting lain

Selain 2 aspek di atas, kau juga harus menyertakan hal-hal lainnya yang tak kalah penting, yaitu mengenai harga, kekurangan dan kelebihan dari daerah yang kau review, fasilitas hingga rating.

Cara menciptakan travel blog

Membuat travel blog tidak sesulit yang dibayangkan. Hal pertama yang harus kau lakukan yakni menyewa domain dan hosting. Domain dipakai untuk menamai blog. Seperti contoh di atas, domainnya yakni travelerien.com, jajanbeken.com. Sedangkan hosting yakni daerah menyimpan tulisan, foto, video dan hal lainnya dalam blog.

Domain dan hosting bisa kau dapatkan di Niagahoster. Dengan harga yang terjangkau, kau sudah bisa mempunyai travel blog yang bisa diakses 24 jam selama seminggu. Hal ini alasannya yakni server uptime dari Niagahoster mencapai 99,9%. Server uptime yang lemah bahkan sering mati, akan menciptakan blogmu tidak bisa diakses. Dengan kata lain, blog akan mengalami penurunan pengunjung.

Kecanggihan hosting di Niagahoster tak perlu diragukan lagi. Niagahoster memakai data center terbaik untuk layanan hosting IIX terbaik. DCI Indonesia dipilih oleh Niagahoster sebagai data center layanan hostingnya. DCI merupakan data center bersertifikat Tier-4 berstandar Internasional & merupakan belahan dari Equinix penyedia data center terbaik di Dunia yang berkualitas tinggi dan handal dengan jaminan uptime 99.999%.

Saat artikel ini saya buat, Niagahoster sedang memberi diskon untuk pembelian hosting. Hanya dengan Rp. 19.800/bulan, kau sudah bisa mempunyai hosting tangguh dari Niagahoster. Untuk paket di atasnya seharga Rp. 44.800/bulan, kau malah sudah mendapatkan gratis domain selamanya.

Kelebihan lain yang saya suka dari Niagahoster yakni respon teknisinya yang begitu cepat dan cekatan dalam menangani problem seputar blog yang dialami para kliennya. Saya pernah mengalami sendiri hal ini. Meski saya termasuk pelanggan biasa, bukan pelanggan dengan pilihan paket tertinggi, namun dikala saya menanyakan problem teknis wacana blog, Niagahoster menjawabnya dengan cepat dan tepat. Meski beberapa kali sering menanyakan hal-hal teknis, jawaban yang diberi selalu memuaskan.
Soal kecanggihan serta daya tahan hosting di Niagahoster, kau tak usah khawatir. Niagahoster memakai data center terbaik untuk layanan hosting IIX terbaik. DCI Indonesia dipilih oleh Niagahoster sebagai data center layanan hostingnya. DCI merupakan data center bersertifikat Tier-4 berstandar Internasional & merupakan belahan dari Equinix penyedia data center terbaik di Dunia yang berkualitas tinggi dan handal dengan jaminan uptime 99.999%. Sumber artikel : https://only-bisnis.blogspot.com/search?q=sudah-mencicipi-roti-ayam-bakso-dan-pia
Soal kecanggihan serta daya tahan hosting di Niagahoster, kau tak usah khawatir. Niagahoster memakai data center terbaik untuk layanan hosting IIX terbaik. DCI Indonesia dipilih oleh Niagahoster sebagai data center layanan hostingnya. DCI merupakan data center bersertifikat Tier-4 berstandar Internasional & merupakan belahan dari Equinix penyedia data center terbaik di Dunia yang berkualitas tinggi dan handal dengan jaminan uptime 99.999%. Sumber artikel : https://only-bisnis.blogspot.com/search?q=sudah-mencicipi-roti-ayam-bakso-dan-pia

Hal inilah yang selalu menciptakan saya percaya diri dikala merekomendasikan Niagahoster ke teman-teman. Dengan garansi 30 hari uang kembali, maka tak ada keraguan lagi untuk menentukan Niagahoster sebagai daerah menyewa domain dan hosting.
Macam-macam pilihan paket hosting dan domain di Niagahoster


Tips menentukan domain

Dalam menentukan domain untuk dijadikan nama blog, ada beberapa hal yang perlu diterapkan biar domain yang dipilih terlihat menarik.

1. Pilih niche

Niche bisa berarti tema. Namun temanya lebih spesifik. Misal kalau travel blogmu ingin membahas wacana makanan, nichenya bisa berupa masakan tradisional, masakan cepat saji. Contoh lain kalau kau ingin menentukan tema wisata, nichenya bisa berupa wisata alam, wisata modern dan sebagainya. Sebelum menentukan niche, pastikan bahwa niche yang akan kau pilih bisa dikembangkan sehingga tidak membuatmu kehabisan ide untuk materi artikel lainnya di kemudian hari.

2. Pendek dan gampang diingat

Cukup 1 atau 2 kata saja untuk memberi nama pada travel blog yang akan kau buat. Seperti contoh di atas misalnya, jajanbeken.com. Terdiri dari 2 kata yaitu jajan dan beken. Bisa juga 1 kata tapi mempunyai makna tertentu bagimu. Sebagai contoh travelerien.com. Usahakan dalam memberi nama blog, terdapat kata yang berhubungan dengan niche travel blogmu. Jika kekurangan kata, kau bisa mencari ide di kamus.

3. Hindari tanda hubung dan angka

Dalam memberi nama pada travel blog, sebisa mungkin hindari penggunaan tanda hubung dan angka. Misalnya : traveler-sejati_1987.com, 182-pemburu-makanenak.com. Nama travel blog ibarat itu tentu tidak yummy untuk dibaca. Coba dieja satu persatu. Nggak yummy dan kepanjangan bukan? Cukup merepotkan tatkala kau ingin memberitahukan alamat tersebut pada teman-teman.

Setelah menentukan nama yang sempurna untuk travel blogmu, kau bisa daftarkan di sini.

Instalasi wordpress

Pada tahap ini saya anggap kau sudah mempunyai domain dan hosting. Langkah selanjutnya yakni menginstal wordpress pada hosting tersebut. Wordpress merupakan platform untuk menciptakan blog. Sangat gampang dioperasikan, sekalipun kau bukan spesialis komputer. Dengan adanya ribuan tema dan puluhan ribu plugin yang disediakan wordpress, akan menciptakan travel blogmu semakin maksimal dalam meningkatkan pengunjung.

Kamu bisa mendapatkan wordpress secara gratis melalui Niagahoster. Setelah terinstal, sambungkan dengan domain yang kau miliki. Untuk teknis instalasinya, kau bisa baca lebih lengkap di sini dan di sini.

Memulai postingan pertama

Setelah wordpress terinstal, kau sudah mempunyai daerah untuk menuangkan kisah jalan-jalanmu. Segera buat postingan pertamamu. Jika bingung, kau bisa memulainya dengan kisah sederhana, kisah jalan-jalan di sekitar rumahmu misalnya.

Tuliskan pengalaman dan kesan pribadi wacana tempat-tempat yang kau kunjungi atau masakan yang kau pesan. Sampaikan apa yang kau lihat dan rasakan secara objektif. Jika kau menemui hal-hal yang kurang memuaskan, sampaikan secara elegan. Tak perlu menghujat atau membully. Beri masukan yang baik. Dengan cara ini suasana positif akan tetap terjaga, dan bukan tak mungkin kau akan mendapatkan ucapan terima kasih. Bisa jadi dari hal ini terbangun kerjasama saling menguntungkan dikemudian hari.

Jangan lupa untuk memberikan rating pada tempat-tempat yang kau kunjungi. Beberapa hal yang bisa kau beri rating contohnya suasana, pelayanan, hingga rasa. Kamu bisa memberikan penilaian rating mulai dari cukup-lumayan-bagus.

Lengkapi dengan harga dari setiap sajian yang kau cicipi, atau biar lebih lengkap, harga dari semua sajian yang ada juga lebih elok untuk disertakan. Jika yang kau kunjungi merupakan daerah wisata, sertakan semua biaya untuk wahana-wahana yang ada di sana.

Untuk lokasi, kau bisa menuliskannya berupa alamat lengkap, bagaimana cara menuju kesana, fasilitas apa saja yang dibutuhkan dan lain-lain. 

Integrasi dengan media sosial

Integrasi merupakan penggabungan. Jika travel blogmu sudah jadi, biar mendapatkan pengunjung lebih banyak, kau harus mengintegrasikan dengan media sosial. Ada beberapa media umum yang bisa kau integrasikan dengan travel blog, antara lain : facebook, twitter, youtube, instagram.

Dimulai dengan memasang tombol share ke media umum pada setiap postingan di travel blogmu. Kamu bisa memasang plugin share media umum di wordpress secara gratis. Jika artikel yang kau buat di travel blog sangat menarik, maka para pembaca blog tidak akan segan untuk membagikannya pada teman-teman mereka di media sosial. Tentu sangat mengasyikkan bukan kalau artikel di travel blogmu bisa viral?

Kamu juga bisa membagikan tiap artikel pada travel blogmu pada media umum yang kau miliki. Terlebih media sosialmu mempunyai banyak teman, follower atau subscriber. Maka artikel blogmu akan cepat mendapatkan pengunjung dalam jumlah yang banyak.

Tipe postingan yang bisa dikembangkan

Postingan artikel merupakan jantung dari sebuah travel blog. Dia yang menggiring orang-orang untuk mengunjungi travel blogmu, menjadi pengunjung loyalmu, memviralkan artikelmu yang pada balasannya secara tak pribadi akan menghasilkan pundi-pundi uang.

Setidaknya ada 5 tipe postingan yang bisa dikembangkan, sehingga tidak khawatir kehabisan ide.

1. Cerita personal

Ceritakan apa saja pengalaman yang kau miliki. Mulai dari kesenangan, keseruan, kegilaan bahkan kesialan yang kau alami. Asalkan diceritakan dengan jujur dan apa adanya, saya yakin banyak pembaca yang akan menyukai tulisanmu.

2.  Review

Review disebut juga ulasan. Ketika traveling ke banyak sekali daerah sekaligus mencicip masakan yang ada di sana, kau tak melulu harus mengulas wacana rasa ataupun suasana di daerah tersebut. Agar lebih menarik, kau bisa juga mengulas mengenai bumbu, cara masak, hingga sejarahnya.

3. Tips dan trik

Tips dan trik selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi semua orang. Setiap kali melaksanakan traveling, kau niscaya mendapatkan pengalaman baru. Dari pengalaman tersebut, seringkali memunculkan tips dan trik tertentu. Biarkan orang lain berguru pribadi dari pengalamanmu lewat tips dan trik yang kau bagikan.

4. Tutorial

Langkah-demi langkah dalam melaksanakan sesuatu disebut tutorial. Banyak orang suka dengan artikel berjenis tutorial. Karena artikel ini seringkali bisa memecahkan kesulitan yang dialami orang lain. Sebagai contoh artikel dengan judul Langkah-langkah irit biaya berlibur ke Bali lewat jalur darat. Semakin banyak orang terpecahkan masalahnya dengan artikel tutorial yang kau buat, kredibilitasmu sebagai travel blogger akan semakin menaik. Seiring naiknya kredibilitasmu, biasanya banyak para pembaca yang request dibuatkan artikel jenis tutorial lainnya. Makara kau nggak perlu repot-repot nyari materi untuk artikel selanjutnya.

5. Rangkuman gosip dan cerita

Jika kau mempunyai banyak artikel atau gosip yang ingin dibagikan, namun galau harus mulai dari mana, kau bisa merangkumnya. Misalnya Rangkuman (kaleidoskop) event kesenian di Jogja selama 2017. Kaleidoskop ibarat ini bisa dibentuk juga secara bulanan.

Bagaimana travel blog bisa menghasilkan uang

Pembahasan ini tentu menjadi belahan yang sangat ditunggu-tunggu para pembaca. Kalau kau mencermati dari awal artikel terutama dikala menceritakan contoh-contoh orang sukses dengan travel blognya, saya sudah sedikit menyinggung wacana bagaiamana travel blog bisa dipakai sebagai media untuk menghasilkan uang.

Yang pertama harus dilakukan yakni memperbanyak pengunjung. Maka dari itu dari awal saya selalu menekankan untuk memperbanyak pengunjung. Mulai dari menciptakan artikel yang disukai pengunjung, integrasi dengan media sosial, hingga artikel ibarat apa yang bisa dikembangkan.

Berikut ini ada 3 cara efektif yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang melalui travel blog :

1. Iklan

Ada 2 tipe iklan yang bisa kau andalkan untuk menghasilkan uang dari travel blog. Yang pertama yakni iklan mandiri. Bisa berupa banner atau review di artikel. Buat sebuah postingan bahwa travel blogmu mendapatkan pemasangan iklan. Jika berupa banner, kau bisa memasangnya di sidebar (bagian samping blog), header (bagian atas), atau di footer (bagian bawah). Semakin besar ukuran banner, semakin mahal biaya pemasangannya. Jika berupa review artikel, maka kau akan mempromosikan iklan dari klien dengan goresan pena yang diposting pada blog.

Agar lebih banyak mendapatkan pundi-pundi uang melalui travel blog, kau juga bisa bekerjasama dengan periklanan ibarat Google Adsense. Kamu tentu tidak perlu ragu dengan salah satu produk google ini. Google adsense menjembatani para advertiser untuk membuatkan iklannya pada para blogger. Blogger akan dibayar kalau ada iklan adsense yang mendapatkan klik pada blognya. Agar pembayaran bisa cair tiap bulan, setidaknya kau harus mendatangkan pengunjung sebanyak 10.000 tiap harinya.

2. Affiliate marketing

Dengan metode ini, kau bisa menghasilkan uang melalui travel blog dengan mempromosikan produk yang membuka usulan afiliasi. Seperti di Niagahoster, mereka membuka afiliasi dengan komisi mencapai 70% dari nilai transaksi.

Makara kalau ada pembelian melalui link afiliasimu, entah yang dipasang sebagai banner maupun pada artikel, kau akan mendapatkan komisi ibarat perjanjian yang telah disetujui sebelumnya. Karena blognya bertema traveling, kau bisa bekerjasama dengan website yang menjual produk-produk pendukung traveling. Mulai dari tas, sepatu, kamera, dan lain-lain.

3. Jual foto

Kamu sanggup menjual foto cetak pada para pengunjung blog sebagai hiasan. Terlebih kalau fotomu terlihat unik dan menarik, harganya tentu akan mahal. Jika mencetak foto terlalu merepotkan, kau bisa menjual lisensi foto ke banyak sekali media cetak. Bisa berupa koran, majalah atau yang lainnya. Kamu juga bisa menjual lisensi foto secara online melalui shutterstock.com hingga national geographic!

Cara mengukur kesuksesan blog

Setelah bekerja keras membangun blog, tentu perlu diadakan evaluasi. Apabila telah berhasil melampaui sasaran yang dibuat, maka bisa dikatakan kau telah sukses dalam membangun travel blog. Selain itu dengan adanya evaluasi, akan memudahkanmu dalam menentukan hal-hal apa saja yang akan dilakukan selanjutnya biar pengunjung travel blog lebih meningkat lagi.

Untuk mengukur kesuksesan travel blog, kau bisa mengintegrasikan blogmu dengan Google Analytics. Setidaknya ada 5 contoh yang bisa dilihat dalam mengukur kesuksesan travel blog :

1.  Unique Visitor

Unique visitor bisa diartikan sebagai pengunjung yang berbeda. Itulah jumlah pengunjung blog yang sesungguhnya. Sebab kalau seseorang telah mengunjungi travel blogmu, kemudian dia membuka beberapa artikel, maka unique visitornya akan tetap dihitung 1, meski si pengunjung ini telah membuka blog berkali-kali. Jika unique visitor masih rendah, kau bisa melaksanakan promosi travel blog.

2.  New and returning visitor

New visitor merupakan pengunjung baru, sebaliknya returning visitor yakni pengunjung yang dulu sudah pernah berkunjung ke blogmu, dan kini mengunjungi blogmu lagi. Dengan banyaknya returning visitor yang datang, mengindikasikan bahwa promosi travel blog yang kau lakukan berhasil.

3. Trafik dari search engine

Mendapatkan pengunjung dari search engine ibarat google merupakan suatu kebanggan tersendiri. Karena pengunjung dari search engin merupakan pengunjung organik. Dengan kata lain pengunjung tersebut tiba sendiri tanpa kita melaksanakan promo lewat media umum misalnya. Jika trafik dari search engine hanya sedikit dibandingkan trafik dari media sosial, kau bisa mulai menambah sasaran kata kunci lainnya di blogmu.

4. Pages per visit

Pages per visit yang tinggi memperlihatkan bahwa para pengunjung suka dengan artikel yang kau tulis pada blog. Sehingga tak hanya betah di satu artikel saja, tapi pengunjung juga membuka artikel pada page (halaman) lain di blogmu.

5.  Interaksi sosial

Adanya komentar, like dan share pada artikel blog yang kau bagikan ke media sosial, mengambarkan bahwa postinganmu memang menarik dan berpotensi viral. Maka dari itu, hargailah para netizen yang berkomentar di media sosial atas postingan blogmu dengan komentar yang asyik. Hal ini bisa meningkatkan loyalitas pengunjung yang pada balasannya bisa memviralkannya.

Inilah selesai postingan saya wacana cara menghasilkan uang dari hobi traveling. Siapa sangka hobi jalan-jalan ternyata bisa menghasilkan uang. Salah satu pekerjaan paling menyenangkan di dunia yakni mengerjakan hobi dan memperoleh penghasilan dari hobi tersebut.

Jangan membayangkan rumitnya menciptakan travel blog. Mulailah dengan postingan sederhana, bisa berupa ceritamu dikala makan roti ayam, merasakan bakso beranak di perempatan, atau mencoba mie ayam pangsit yang lewat di depan rumah.

Asal dikerjakan dengan tekun, konsisten, serta diiringi doa, InsyaaAllah travel blog akan lebih gampang menghasilkan pundi-pundi uang. Selamat mencoba. (adv)

0 Response to "Rahasia ! Cara Menghasilkan Uang Dari Hobi Traveling"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel