Rahasia ! Tahapan Budidaya Bawang Merah Lengkap

Tahapan budidaya bawang merah - Setelah membahas ihwal budidaya bawang merah Brebes yang mempunyai banyak kelebihan, saya jadi tergilitik untuk melengkapi artikel kemarin dengan tahapan produksinya juga. Kaprikornus selain mengetahui dongeng sukses budidaya bawang merah Brebes, kita juga jadi tahu bagaimana sih cara budidaya bawang merah itu?

Ada tiga tahapan budidaya bawang merah yang harus dilalui dalam masa sekali tanam yang rata-rata selama tiga bulan. Yang pertama yakni pembibitan, penanaman, pemanenan. Penjelasan mengenai ketiga tahapan tersebut akan dibahas lengkap di bawah ini.
Bawang merah siap dipanen ketika umur 70 hari / gambar sekedar ilustrasi panen

Tahapan budidaya bawang merah :

  1. Pembibitan

    Setelah panen di usia bawang sekitar 70 hari, bawang akan disortir. Ciri bawang yang cantik untuk dijadikan bibit yakni : daunnya sehat, utuh dan buahnya keras. Buah yang keras mempunyai kandungan kalsium yang tinggi sehingga sanggup tahan lebih lama.

    Bawang yang telah dikeringkan kemudian akan digantung dengan cara mengikat beberapa siung bawang menjadi satu kesatuan dan kemudian digantung pada bambu. Asapi calon bibit bawang tersebut 2 jam perhari selama 2 bulan.

    Pengasapan sanggup memakai kayu bakar atau kerikil bara yang diletakkan pada serpihan bawah bawang. Pengasapan dimaksudkan untuk memperkuat bibit dari serangan hama, mengurangi kadar air dan memperbagus proses pertumbuhan.

    Lakukan pengasapan pada daerah yang tertutup rapat semoga proses pengasapan sanggup berjalan sempurna. Setelah dua bulan pengasapan, lakukan pemangkasan pada serpihan daun yang sudah kecokelatan.

    Sebelum ditanam, obati bibit memakai pupuk kimia dengan cara diserbuk. Pengobatan bertujuan semoga bibit lebih tahan terhadap serangan hama.
  2. Penanaman

    Sebelum menanam bibit, terlebih dahulu lakukan penggemburan tanah hingga selembut mungkin. Bentuk menjadi bedengan dengan tinggi 40 cm dari muka air, tapi bila dari dasar tanah ketinggian sanggup mencapai satu meter.

    Diamkan selama satu ahad semoga amoniak keluar dari tanah. Lakukan pengerasan pada serpihan samping bedengan semoga tidak longsor. Pengerasan sanggup memakai tanah liat atau lumpur. Setelah tanah siap, gres lakukan penanaman.

    Cara penanaman cukup mudah, tinggal masukkan bibit ke dalam tanah sedalam 3-5 cm tanpa harus terkubur semuanya. Jarak tanam ideal antar bibit bawang merah yakni 12 cm. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur kesuburan tumbuhan sehingga perakaran tidak beradu sekaligus semoga lebih tahan terhadap penyakit.

    Kemudian berikan pupuk kimia. Pemberian pupuk harus betul-betul melihat kondisi alam. Langkah perawatan ketika sehabis hujan adalah, petani harus turun ke ladang untuk kembali menyirami tumbuhan bawang semoga air hujan tak menempel. Sebab air hujan yang melekat sanggup menjadikan timbulnya penyakit.

    Penyiraman sanggup memakai air sungai atau air tanah. Untuk pemupukan awal dilakukan 1 ahad usia tanam dengan memperbanyak unsur urea untuk mempercepat pertumbuhan daun dengan dosis per amis 3 kwintal pupuk.

    Ketika usia 30 hari sudah mulai tumbuh bunga dan berbuah ketika masuk usia 3 bulan. Lakukan penyiraman pagi dan sore ketika matahari terik hingga tumbuhan berair semua. Sebagai modifikasi, berikan lampu penerangan warna putih tepat di atas air sehabis bedengan.

    Hal ini bertujuan semoga hama tertarik pada lampu, melekat dan mati kemudian jatuh ke air sehingga tumbuhan bawang bebas dari serangan hama. Pemasangan lampu sanggup dilakukan secara berjejer sepanjang bedengan.
  3. Pemanenan

    Bawang sudah sanggup dipanen ketika memasuki umur 3 bulan hingga 70 hari. Teknik memanen yang tepat dilakukan ketika pagi hari dimana matahari belum mencapai posisi terik. Pemanenan dilakukan dengan cara memegang serpihan daun kemudian menariknya secara perlahan.

    Lakukan sortir menurut ukuran, ikat menjadi satu mengenakan tali. Selanjutnya jemur bawang selama beberapa hari. Jika belum laris terjual, hal tersebut sanggup dilakukan untuk memperlama proses pembusukan. Untuk packaging, masukkan bawang merah ke dalam karung besar isi 35 kg. Dan bawang merah siap dipasarkan .
Itulah beberapa tahapan produksi bawang merah. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)
Referensi : Tabloid Peluang Usaha Edisi 05-Th XI-2016

0 Response to "Rahasia ! Tahapan Budidaya Bawang Merah Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel