Rahasia ! Cara Gampang Memasarkan Beras Organik

Cara memasarkan beras organik - Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, kita semua tentu sudah sangat tahu wacana hal itu. Kebanyakan masyarakat Indonesia mengkonsumi beras putih dari padi yang ditanam di sawah dan diberi rabuk (pupuk) yang berasal dari pestisida kimia.

Beras yang banyak diberi zat kimia tentu tidak baik bagi badan bila dikonsumsi secara terus menerus dalam waktu yang lama. Hal ini sanggup mengakibatkan banyak sekali macam penyakit. Lalu, apakah kita harus berhenti mengkonsumsi beras?
ilustrasi pemasaran
Kalau sanggup sih lebih baik begitu. Tapi sebagai orang Indonesia asli, saya yakin akan sangat sulit untuk melakukannya. Atas kegelisahan hal ini, muncullah budidaya beras organik yang lebih sehat, dan lebih terjamin mutunya.

Beras organik yaitu beras yang ditanam pada lahan yang bebas pestisida, sehingga lebih ramah lingkungan. Dibutuhkan waktu yang usang untuk menghasilkan beras organik yang benar-benar murni.

Untuk mengembalikan ekosistem tanah bekas pestisida tidaklah mudah. Setidaknya membutuhkan waktu antara 5-15 tahun. Selain itu lokasi lahan beras organik juga harus jauh dari banyak sekali macam polusi. Mulai dari polusi pabrik, asap kendaraan, dan banyak sekali macam limbah.

Belum lagi kontur tanahnya yang harus memakai teknik terasering. Lahan-lahan pertanian di dekatnya juga dilarang ada yang memakai pestisida. Ditambah sistem pengairanna juga harus baik. Tidak boleh bercampur dengan bekas pengairan lahan berpestisida.

Maka dari itu beras organik harganya mahal. Dan sebagai pengusaha, tentu kita harus menangkap hal ini sebagai sebuah peluang usaha yang menguntungkan. Namun masalahnya, masyarakat Indonesia belum sepenuhnya paham dengan kegunaan beras organik.

Jika anda kini sedang atau akan memulai bisnis beras organik dan mengalami problem menyerupai di atas, anda sanggup memakai teknik sukses cara memasarkan beras organik berikut ini.

Cara memasarkan beras organik :

  1. Kenali sasaran market
    Target market dalam bisnis yaitu hal utama. Bisnis anda akan berhasil jikalau anda betul-betul memahami sasaran market yang menjadi sasaran anda. Untuk beras organik, sasaran marketnya yaitu masyarakat kelas menengah atas. Hal ini dikarenakan harga beras organik yang mahal.
  2. Buat brand yang tepat
    Merk atau brand juga perlu diperhatikan dengan baik dalam bisnis. Dengan brand yang tepat, konsumen akan gampang mengenali produk kita. Untuk beras organik, sebaiknya brand mempunyai keterkaitan dengan kesehatan.

    Orang seringkali tidak segan-segan merogoh kocek yang cukup mahal untuk problem kesehatan. Di sini produk anda akan dilihat dari sisi manfaat dan valuenya. Maka dari itu, ciptakanlah brand yang sanggup menciptakan mindset masyarakat akan beras organik merah hanya tertuju pada produk anda.
  3. Gaya komunikasi yang tepat
    Gaya komunikasi yang sempurna akan mempermudah anda dalam menggiring mindset masyarakat menuju produk beras merah organik yang anda miliki. Salah satu caranya yaitu dengan menyesuaikan pola pikir sasaran market.

    Komunikasi harus bersifat edukasi. Sebagai contoh, anda sanggup menjelaskan perbedaan beras biasa dengan beras organik ditinjau dari segi kesehatannya. Anda sanggup menambahkannya dengan beberapa tumpuan hasil penelitian beras organik untuk memperkuat produk.

    Komunikasi produk sanggup anda lakukan melalui media offline maupun online. Untuk media online, anda sanggup memanfaatkan facebook, twitter, path, instagram, dan blog. Sedangkan media offlinenya, anda sanggup memanfaatkan koran, majalah, brosur, tabloid, dll.
  4. Pelayanan maskimal terhadap pelanggan
    Anda harus benar-benar memaksimalkan pelayanan pelanggan. Karena ini termasuk masih awam di masyarakat Indonesia, anda sanggup mulai dengan membuka layanan edukasi wacana beras merah.

    Di layanan tersebut konsumen sanggup memperlihatkan segala pertanyaan wacana beras organik dan anda pun sanggup eksklusif menjawabnya. Hal ini tentu akan semakin menciptakan konsumen yakin akan produk beras organik milik anda. Selain itu anda juga mencantumkan layanan delivery (pesan antar) beras organik.
  5. Pameran dan talkshow
    Untuk memperluas pasar, anda juga mengikuti banyak sekali pekan raya yang sesuai dengan huruf produk yang anda jual. Misalnya pekan raya makanan sehat atau pekan raya yang berafiliasi dengan kesehatan.

    Jika dana promosi anda cukup banyak, tidak ada salahnya untuk mengadakan talkshow mengenai beras organik anda. Hal ini tentu akan menguatkan brand atau brand beras organik yang anda miliki.

    Undang pembicara yang kompeten di bidang kesehatan atau peneliti di bidan beras organik. Edukasi yang diberikan eksklusif oleh ahlinya sanggup mendorong orang untuk lebih yakin terhadap produk beras organik yang anda miliki.
Selain di kota-kota besar, bisnis beras organik juga sanggup dijalankan di kota-kota kecil dengan tingkat sosial ekonomi yang baik. Jika cukup modal atau perjuangan sudah mulai berkembang, sebaiknya anda mempunyai outlet percontohan di banyak sekali kota untuk memperkuat brand beras organik yang anda miliki.

Demikianlah ulasan mengenai cara memasarkan beras organik. Semoga bermanfaat dan menginspirasi para pembaca :)
Referensi : Tabloid Peluang Usaha Edisi 23 Th X 25 September - 8 Oktober 2015

0 Response to "Rahasia ! Cara Gampang Memasarkan Beras Organik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel