Rahasia ! Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil

Bisnis sampingan modal kecil - Bisnis sampingan selalu diidentikkan dengan karyawan atau pegawai. Karena memang kebanyakan yang mempunyai perjuangan sampingan yakni mereka yang sebelumnya sudah mempunyai pekerjaan utama sebagai karyawan atau pegawai.

Karyawan yang ingin memulai bisnis, seringkali tak ingin mengambil resiko besar di awal, sehingga mereka lebih menyukai bisnis sampingan modal kecil. Sebenarnya ada nggak sih bisnis sampingan modal kecil ini?
penulis, salah satu bisnis sampingan modal kecil
Asalkan kita berfikir kreatif dan jeli melihat peluang, bisnis sampingan modal kecil pun sanggup kita ciptakan. Berfikir kreatif dalam melihat peluang perjuangan perlu adanya latihan dan pembiasaan. Untuk itu, supaya anda terbiasa berfikir kreatif dalam membuat peluang usaha, aku akan mengatakan beberapa pandangan gres peluang bisnis sampingan modal kecil.

Bisnis sampingan modal kecil

  1. Menjadi penulis

    Anda yang mempunyai hobi apalagi kemampuan menulis yang baik, bisa menyalurkannya untuk dijadikan uang. Tak perlu banyak peralatan ibarat membangun perjuangan rumah makan misalnya. Asalkan ada komputer dan internet anda bisa mulai menulis.

    Komputernya pun tak perlu yang berspesifikasi tinggi. Komputer pentium 4 juga sudah cukup kalau hanya untuk menulis dan browsing internet. Rata-rata malah kini banyak yang sudah mempunyai laptop.

    Anda bisa mengirim goresan pena ke majalah atau koran baik offline maupun online. Karena biasanya mereka menampung goresan pena berupa opini, cerpen atau topik tertentu dalam salah satu rubrik di koran.

    Anda juga bisa menulis di blog. Menulis di blog bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Jika anda menyukai topik tertentu, misal gadget, tulislah secara rutin di blog. Tulisan asli anda yang terus diupdate bisa mengundang sponsor dari brand-brand gadget untuk memasang iklan di blog anda.

    Untuk blog yang diendorse eksklusif oleh merk ibarat itu, biasanya merk berani membayar tinggi. Perbulan bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Tergantung dari kualitas blog anda. Bisa dilihat dari postingan atau jumlah pengunjung.

    Jika dirasa terlalu usang menunggu brand, anda bisa bergabung eksklusif dengan situs PPC (Paid Per Click) dimana mereka akan membayar anda bila blog anda menampilkan iklan dari situs PPC dan ada visitor yang mengklik iklan dari blog anda.

    Berbeda dengan blog yang menampilkan iklan eksklusif dari brand, dimana bayaran mereka sudah tertangkap tangan jumlahnya perbulan. Blog yang menampilkan iklan situs PPC mempunyai bayaran yang fleksibel perbulan. Bisa lebih tinggi, bisa juga lebih rendah. Tergantung jumlah klik yang kita dapatkan.

    Ada banyak macam situs PPC lokal, tapi yang pernah aku coba yakni kliksaya.com. Untuk bisa bergabung di kliksaya, blog anda harus mempunyai page view (total pengunjung) sebanyak 10.000 perbulan. Harga per klik dari kliksaya rata-rata Rp. 200 - Rp. 500.

    Untuk situs PPC luar, google adsense masih menjadi primadona. Situs PPC milik google ini tidak mensyaratkan sejumlah pengunjung blog tertentu untuk bisa bergabung, tapi lebih ke orisinalitas goresan pena blog, dan diutamakan goresan pena berbahasa inggris.

    Salah satu alasan kenapa google adsense disukai banyak blogger (penulis blog) yakni nilai per kliknya yang fleksibel. Untuk blog berbahasa inggris, nilai per klik adsense bisa mencapai ratusan ribu rupiah!

    Tapi kalau blog berbahasa Indonesia, nilai per kliknya tidak sebesar itu. Hampir sama dengan PPC lokal, tapi kadang ada yang lebih besar dikit.

    Selain itu, anda juga bisa bergabung di lembaga penulis. Biasanya di sana membuka job untuk para penulis, atau eksklusif apply lamaran ke jasa penulis konten. Jasa penulis konten yakni sebuah jasa yang memperlihatkan penulisan artikel dengan kriteria tertentu pada para pemesan.

    Biasanya artikel dari jasa penulis konten dibutuhkan untuk mengisi artikel dari blog klien. Kalau anda sudah percaya diri, anda juga bisa membuka jasa penulis konten sendiri. Tawarkan jasa anda di forum-forum atau grup blogger.

    Yang terpenting dalam jasa penulis konten yakni ketepatan deadline dan kualitas dari goresan pena anda. Kualitas goresan pena bisa dilihat dari bisa tidaknya goresan pena tersebut dibaca serta dipahami orang, sesuai kriteria yang diinginkan pemesan.
  2. Makelar

    Bisnis makelar banyak macamnya, bisa makelar rumah, makelar mobil, motor dan barang-barang lainnya. Namanya makelar, kita tidak perlu stok barang untuk mulai berbisnis, sebab barang yang dijual merupakan milik penjual, bukan mediator atau makelar.

    Makelar bisa dikerjakan secara online maupun offline. Kalau secara offline, anda bisa bercerita perihal barang yang anda makelarkan kepada teman-teman kantor misalnya. Untuk yang online, anda bisa memasarkannya melalui facebook, OLX, tokopedia, bukalapak hingga blog pribadi.
  3. Jualan online

    Hampir sama dengan makelar, jualan online bisa dimulai dengan modal kecil. Misalnya jualan kaos. Kaos-kaos dari Bandung banyak yang dijual dijual dengan harga murah. Dengan pembelian 2 lusin, anda bisa berjualan kaos distro dengan potensi laba lebih dari 50%.

    Untuk pemasaran, sebab online, anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, instagram hingga blog bisnis.
  4. Les privat

    Les atau kursus privat bisa menjadi alternatif lain bisnis sampingan modal kecil. Sebelum memulai bisnis ini, pastikan anda mempunyai keterampilan atau kompetensi di bidang yang akan anda ajarkan melalui les privat.

    Saya yakin masing-masing orang mempunyai keterampilan tertentu. Lihat kembali hobi anda. Seperti hobi menulis di atas, anda juga bisa membuka belajar khusus menulis di rumah.

    Anda yang mempunyai gelar sarjana pendidikan, seharusnya berpeluang besar membuka belajar khusus pelajaran sekolah. Karena kini ini banyak orang renta yang menentukan daerah les untuk mengasah kemampuan belum dewasa mereka.

    Anda yang hebat bermain gitar, tak ada salahnya membuka kursus gitar di rumah. Ayo, apalagi nih les yang bisa dibuka di rumah? Coba pikirkan kembali hobi dan kemampuan yang anda miliki untuk menjawab hal ini :)
  5. Jasa pengetikan

    Usaha jasa pengetikan juga bisa menjadi alternatif lain untuk dijadikan bisnis sampingan modal kecil. Hampir sama dengan menjadi penulis, modal perjuangan jasa pengetikan ini pun cukup komputer dan internet. Kalau anda mau lebih lengkap, bisa juga ditambah printer dan kertas HVS.

    Jika menjadi penulis, ide goresan pena harus tiba dari diri kita sendiri. Berbeda dengan jasa pengetikan, goresan pena yang akan diketik sudah disediakan dari klien, sehingga kita hanya tinggal mengetiknya saja.

    Konsumen jasa pengetikan kebanyakan berasal dari kalangan akademis. Mulai dari pelajar SD hingga mahasiswa butuh jasa pengetikan untuk mengerjakan tugas-tugasnya.
Demikianlah goresan pena aku mengenai bisnis sampingan modal kecil. Semoga bermanfaat dan menginspirasi anda :)

0 Response to "Rahasia ! Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel