Rahasia ! Ingin Buka Warteg? Inilah Kiat Suksesnya!

Warteg atau Warung Tegal ialah warung makan yang menyediakan hidangan banyak sekali macam masakan. Disebut Warung Tegal alasannya ialah memang dulu pengelolanya ialah orang Tegal yang merantau ke Jakarta, yaitu warga Desa Sidapurna, Sidakaton, dan Krandon. Ketiga desa ini berada di Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Konsep warung tegal ialah warung makan murah yang menyediakan banyak sekali hidangan masakan. Biasanya hidangan di tampilkan di etalase atau rak beling biar pelanggan tinggal menunjuk masakan mana yang ia pilih. Ada juga yang modelnya prasmanan, jadi pelanggan tinggal ambil sendiri kuliner yang mereka inginkan.
Warteg Warmo / gambar via tripadvisor.co.uk
Mulai dari para pekerja, buruh, mahasiswa, anak kost hingga para pegawai kantoran pun banyak yang menjadi pelanggan warung tegal ini. Meski harganya sangat terjangkau, cita rasanya tak dapat dikesampingkan. Cocok untuk pengecap orang Indonesia.

Keuntungan perjuangan warteg

Tapi jangan salah, meskipun menjual kuliner dengan harga murah dan kebanyakan sasaran pelanggannya masyarakat ekonomi menengah ke bawah, profit yang dihasilkan per bulan dapat mencapai Rp 5.000.000 bahkan lebih.

Misalnya saja, perhari pengusaha mendapat profit Rp 200.000, dalam sebulan bila ia buka warung terus, maka profitnya dapat hingga Rp 6.000.000. Dan dalam satu tahun dapat mendapat profit Rp 72.000.000, lebih dari Rp 50.000.000!

Tentu ini bukan angka yang sedikit. Hanya perlu modal pandai memasak dan warung. Warung pun tak perlu besar ibarat restoran, yang penting nyaman dan bersih. Sehingga seringkali tak hanya masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang menjadi pelanggan, kalangan masyarakat menengah atas pun tak jarang makan di warteg.

Ada seorang pengusaha warteg asal Tegal berjulukan H Karjo. Beliau ialah pengusaha warteg asal Kelurahan Kalinyamat Kulon, Margadana, Kota Tegal. Di desanya, ia merupakan orang terpandang alasannya ialah kesuksesannya. Tak main-main, rumahnya pun besar bagai istana. Mobil glamor pun berjajar di garasi rumahnya. Tentu nilai dari hartanya ini lebih dari satu miliar.

Kesuksesannya ini diraih berkat usahanya di bidang kuliner, yaitu warteg. Awalnya dia tiba ke Jakarta pada tahun 1972 dan menjadi pedagang asongan. Kemudian, ia mendirikan warteg, dimulailah kesuksesan H Karjo ini. Kini, dia mempunyai tiga buah warteg yang ada di Kemurnian, Jakarta Barat, dan Glodok. Model warteg H Karjo ialah prasmanan.

Untuk yang berminat dengan bisnis warteg, silakan ikuti tips ini :

  1. Modal awal yang mencukupi.
  2. Lakukan analisis pesaing di bidang yang sama.
  3. Tetapkan sasaran pembeli.
  4. Tetapkan biaya-biaya, contohnya biaya tenaga kerja, peralatan, listrik, air bersih, transportasi, dan biaya lainnya.
  5. Pilih kawasan yang strategis. Lebih sempurna berada di pinggir jalan, biar gampang dijangkau oleh pelanggan.
  6. Mengetahui daftar belanja dan materi baku.
  7. Siapkan hidangan kuliner bervariasi dengan harga yang murah.
  8. Lakukan pengorganisasian perjuangan yang jelas.
  9. Mengurus izin perjuangan dari RT/RW serta keamanan setempat.
  10. Persiapkan mental dengan mantap, hilangkan keraguan dan ketakutan.

0 Response to "Rahasia ! Ingin Buka Warteg? Inilah Kiat Suksesnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel