Rahasia ! Teknik Kecerdikan Daya Ikan Bawal Air Tawar

Budi daya ikan bawal air tawar sanggup menerapkan metode kolam, metode hampang dan metode keramba. penerapan metode kebijaksanaan daya ini bergantung pada daerah perjuangan kebijaksanaan daya ikan tersebut dilaksanakan (daratan, waduk, atau sungai)/ namun, pemberdayaan ikan bawal air tawar intinya sanggup dilakukan dengan ketiga model tersebut (kolam, hampang dan keramba) 

ikan bawal / gambar via Pixabay Pakjen

Motode Kolam 

Budidaya ikan dengan metode bak dilakukan dalam bak yang dibatasi dengan pematang. Kolam tersebut dilengkapi pintu pemasukan air dan pintu pembuangan air. Kolam yang dibangun tersebut sanggup dipakai untuk pembenihan, pendederan, dan pembesaran ikan. Penerapan kebijaksanaan daya ikan dengan metode bak harus memerhatikan hal-hal sebagai berikut :

Kontruksi kolam 

bak ikan dibentuk secara permanen dengan memakai kerikil bata, pasir, semen, kapur dan lain-lain. Yang terpenting dilengkapi dengan pematang sebagai batasuntuk menahan air di dalam kolam. Pematang harus dibentuk yang berpengaruh supaya bisa menahan air, tidak gampang tanah longsor,dan tidak gampang merembeskan air. Kedalaman bak sanggup dibentuk sedalam 1,25 m - 1,5 m.

Disinfektan kolam

Disenfektan bak perlu dilakukan supaya kondisi kolamtersebut bebas dari hama dan penyakit. Kolam yang sehat sanggup menghasilkan ikan yang banyak alasannya pertumbuhan ikan tidak mengalami gangguan. Disinfektan bak sanggup dilakukan secara alami, yaitu dibiarkan kering (tidak ada airnya) hingga 10 hari. Dengan demikian, celah-celah bak akan terkena sinar matahari sehingga kuman-kuman penyakit dan binatang lain yang menjadi hama yang hidup di permukaan tanah akan mati.

Pemupukan 

Pemupukan bak bertujuan meningkatkan kesuburan bak sehingga tumbuhan-tumbuhan air ataupun biota-biota air yang menjadi makanan alami ikan sanggup tumbuh dengan baik, contohnya ganggan, plankton, benthos dan lain-lain.

0 Response to "Rahasia ! Teknik Kecerdikan Daya Ikan Bawal Air Tawar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel