Rahasia ! Teknik Budidaya Jambu Kristal Lengkap

Teknik budidaya jambu kristal - Setelah menuliskan peluang perjuangan budidaya jambu kristal, kurang lengkap rasanya bila tidak menuliskan ihwal teknik budidayanya. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menuliskan teknik budidaya jambu kristal ala Fajar, dimana pada artikel kemarin Fajar berhasil meraup omset ratusan juta rupiah dari budidaya jambu kristalnya.

Bibit jambu kristal / gambar via stewartflowers.net

Pembibitan dalam teknik budidaya jambu kristal

Dimulai dari bibit. Dalam teknik budidaya jambu kristal, bibit yang berkualitas merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan. Bibit sanggup diperoleh dari batang yang diperbanyak secara pencangkokan. Dengan cara mencangkok, produk yang dihasilkan sanggup lebih banyak dan bervariasi dari satu induknya.

Indukan yang dijadikan pencangkokan Fajar biasanya berumur satu tahun. Setelah mendapat bibit hasil cangkokan, lapisan epidermis kulit sanggup dipindahkan secara bebas. Bibit yang baik akan menghasilkan pohon yang subur, batang bawahnya besar serta berwarna kecokelatan.

Untuk siap tanam ke media lain yang lebih besar, sebaiknya daun jambu sudah dalam keadaan tua. Untuk indukan yang baik, pohonnya harus yang sudah berbuah dan telah teruji kemanisannya.

Persiapan lahan

Selanjutnya ialah persiapan lahan. Lahan yang baik untuk menanam jambu kristal ialah tanah datar dan di lahan terbuka tanpa pohon pelindung. Pada lahan yang akan ditanami jambu kristal, terlebih dulu ditebarkan pupuk sangkar sebanyak 40 ton per hektar pada trend kemarau.

Sedangkan di trend penghujan, penggunaan pupuk sangkar dikurangi sebanyak 30% (12 ton) per hektar. Dalam budidaya jambu kristal, lahan yang luas lebih diutamakan, alasannya memudahkan dalam perawatan serta ketika panen.

Perawatan

Siramlah jambu kristal pada pagi dan sore, namun bila cuaca sangat panas, intensitas penyiraman sanggup ditambah menjadi 3-4 kali sehari. Dalam penyiraman sanggup memakai teknik manual, irigasi tetes atau dengan kran otomatis.

Dalam pemupukan, Fajar memakai NPK dan pupuk kandang. NPK diberikan seminggu sekali dengan dosis 1 hingga 3 sdm tergantung kebutuhan atau besarnya pohon, dan untuk pupuk sangkar diberikan 2 ahad sekali.

Apabila sedang masa berbuah, derma pupuk sanggup ditambah menjadi 2x seminggu. Dalam pemupukan, sebaiknya benar-benar diperhatikan biar jangan hingga terkena pangkal batang.

Untuk menanggulangi penyakit, Fajar membungkus jambunya dengan styrofoam bekas yang dibungkus lagi dengan plastik sehingga kondusif dari gangguan lalat buah. Untuk belalang atau ulat sanggup disemport dengan insektisida. Sedangkan untuk tungau diatasi dengan menyemprotkan akarisida.

Sebagai langkah pencegahan terhadap penularan penyakit, ada baiknya pembudidaya jambu kristal melaksanakan pemangkasan daun kering. Selain mencegah penularan penyakit, pemangkasan juga sanggup mencegah daun-daun yang bau tanah menutupi anakan dan melindungi buah dari ukiran daun.

Pada dikala pembungaan, setidaknya ada 6-8 daun sehat. Hal ini dimaksudkan biar perkembangan buah menjadi maksimal. Setelah pemangkasan bunga jantan, sebaiknya tidak dilakukan pemangkasan daun lagi.

Daun bekas pemangkasan dari tanaman sakit dikumpulkan dan lalu dibakar. Setelah itu, alat pemangkas perlu disterilkan dengan desinfektan contohnya bayclean dan sejenisnya.

Panen

Jambu kristal termasuk buah yang tidak kenal musim. Jambu kristal sanggup berbuah sepanjang tahun sebanyak 3 kali. Dalam sekali panen, 600-700 pohon sanggup menghasilkan 8 kwintal jambu kristal. Agar penglihatan lebih maksimal, dalam memanen sebaiknya dilakukan dikala siang hingga sore hari.

Untuk teknik memanen sanggup dilakukan secara manual memakai tangga lipat sebagai alat bantu pemetikan buah. Hal ini dikarenakan tinggi tanaman jambu kristal sanggup mencapai 3-5 meter bahkan lebih.

Pasca panen

Sebelum dipacking, jambu kristal dicuci higienis dulu dengan air biar kotoran tangan kita dikala memetik jambu tidak lagi melekat di jambu. Sebelum dikirim, buah jambu juga disortir menurut ukurannya. Untuk menghindari lecet selama pengiriman, Fajar membungkus jambu kristalnya dengan busa. Untuk pengepakan sanggup memakai wadah karton.

Itulah teknik budidaya jambu kristal ala Fajar. Semoga sanggup menginspirasi anda :)
Referensi : Tabloid Peluang Usaha Edisi 05 Th XI 2016

0 Response to "Rahasia ! Teknik Budidaya Jambu Kristal Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel